Banjir Luapan Sungai Rendam Puluhan Rumah Penduduk

0
Foto: Inilah kondisi ruas jalan memasuki Desa Tanjung Mas Kec. Simpang Kanan, Jumat (12/10).
Foto: Inilah kondisi ruas jalan memasuki Desa Tanjung Mas Kec. Simpang Kanan, Jumat (12/10).

SINGKIL (Waspada): Akibat curah hujan tinggi menyebabkan air luapan Sungai Cinendang mulai merendam puluhan rumah di Desa Buluh Sema, Kec. Suro, Kab. Aceh Singkil, sejak Kamis (11/10).

Akibatnya, warga yang berada dibantaran sungai mulai mengungsi ketempat yang lebih aman, dari Daerah Aliran Sungai(DAS), sejak sehari sebelumnya.

Kepala Desa Buluh Sema, Hasiman Jum’at(12/10)  di Singkil mengatakan, banjir mulai menggenangi pemukiman penduduk sejak Kamis(11/10) sore sekitar pukul 18:40

“Hujan yang terus mengguyur tiga hari terakhir disertai banjir kiriman berasal dari Pakpak Barat melalui Sungai Cinendang salah satu penyebabnya,”ujarnya.

Warga yang terkena dampak banjir, untuk sementara mengungsi ke rumah sanak saudara yang daratannya lebih tinggi karena khawatir alami air banjir semakin tinggi.

Tingginya curah hujan juga menyebabkan Sungai Pangkalan Sulampi yang searah dengan Sungai Cinendang, Aceh Singkil, meluap dan menggenangi sejumlah desa.

Terpisah, di Kecamatan Simpang Kanan, Desa yang terdampak banjir sementara ini adalah Desa Silatong, Ujung Limus, Serasah, Tanjung Mas, Cibubukan, Serasah dan Lipat Kajang.

Kepala Desa Ujung Limus, Basrin mengatakan, di dusun I Desa Ujung Limus sedikitnya 12 rumah panggung nyaris terendam banjir. Daerah ini memang relatif dekat dengan Sungai Cinendang.

Sementara di dusun II ada sebanyak 40 rumah yang terdampak, sebagian sudah terendam.

“Warga sini tetap waspada terutama di dusun 1, karena air tinggal 5 centimeter lagi masuk ke rumah,” kata Basrin.

Informasi dihimpun Waspada, hingga Jumat pagi,  ruas  jalan nasional Singkil-Subulussalam sepanjang 100 meter di kawasan Desa Silatong sudah mulai normal, meski sempat terputus. Pengendara sepeda motor dan mobil sebahagian enggan melintas karena arus yang cukup deras.

Kendati masyarakat yang berada di bantaran sungai harus tetap waspada, seperti biasa, banjir kiriman bakal menggenangi kawasan Desa Cingkam Kec. Gunung Meriah, Desa Ketapang Indah Kec. Singkil Utara, serta sejumlah desa langganan banjir di Kec. Singkil. (Cah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here