48 Santri Muda Ikut Pelatihan Kader Ulama

0
Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdakab Aceh Timur M. Amin, SH, MH menyematkan badge pada salah seorang santri peserta Pendidikan Kader Ulama, di Aula kantor MPU Aceh Timur, Selasa 15 Oktober 2018. Waspada/Ist

IDI (Waspada): 48 Santri muda perwakilan dari 24 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Timur mengikuti pelatihan kader ulama (PKU) yang digelar Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh di Aula Kantor MPU Aceh Timur.

Pelatihan tahap dua yang didanai dengan Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) 2018 ini dibuka Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdakab Aceh Timur M. Amin, SH, Selasa 16 Oktober 2018, dan dijadwalkan akan berlangsung selama 12 hari.

“Kita bersyukur MPU Aceh berkenan melaksanakan pelatihan penting ini di Aceh Timur. Mudah-mudahan, program ini mampu melahirkan ulama-ulama muda yang memiliki kompetensi, berwawasan keislaman yang luas serta memiliki integritas tinggi, demi proses regenerasi Ulama Aceh di masa mendatang,” harap M. Amin.

Menurut mantan Kepala Badan Kesbangpol Aceh Timur ini, tantangan yang dihadapi ulama ke depan semakin berat dan komplit. Salah satunya tentang makin maraknya ajaran dan aliran sesat, termasuk wacana merusak kemurnian dan kesucian Islam yang rahmatan lil-‘alamin, dengan dalih kultural, keberagaman dan nasionalisme.

“Islam adalah agama yang sempurna. Tidak perlu dimodifikasi dengan dalih apapun. Jika ajaran Islam yang murni dicampuradukkan dengan adat-istiadat dan sebagainya, itu justru berpotensi menjadi biang pemecah-belah umat. Bahkan, bisa memicu umat menjadi murtad atau syirik,” tegas M. Amin. (b19)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here