Bupati: Budayakan Gotongroyong

0
BUPATI Aceh Timur H. Hasballah HM.Thaib, membersihkan jalan lintas Idi - Darul Ihsan, Desa Keude Dua, Kec. Darul Ihsan, Aceh Timur, Minggu (21/10). Waspada/M. Ishak
BUPATI Aceh Timur H. Hasballah HM.Thaib, membersihkan jalan lintas Idi - Darul Ihsan, Desa Keude Dua, Kec. Darul Ihsan, Aceh Timur, Minggu (21/10). Waspada/M. Ishak

IDI (Waspada): Pemerintah mengajak aparatur desa bersama mesyarakat untuk membudayakan kembali gotongroyong dilingkungan desanya. Hal itu penting untuk menjaga kebersihan dan terbebas dari ancaman penyakit.

“Mari kita bergotongroyong, karena hanya dengan budaya ini kita bisa menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat,” kata Bupati Aceh Timur H. Hasballah HM. Thaib atau Rocky disela-sela gotongroyong di Jalan Lintas Idi-Darul Ihsan, persisnya di Desa Keude Dua, Kec. Darul Ihsan, Aceh Timur, Minggu (21/10).

Menurutnya, musim hujan sudah diambang pintu, karenanya parit jalan dan fasilitas umum lainnya yang sudah dibangun baik dengan APBG, APBK, APBA, perlu dibersihkan dan dijaga, sehingga tidak terjadi banjir atau bencana alam lainnya.

“Bersihkan parit dan jalan desa dari sampah dan semak, sehingga lingkungan sekitar bebas dari serangan penyakit, sebab musim penghujan rentan dengan penyakit DBD dan malaria,” tutur Bupati Rocky.

Untuk membudayakan gotongroyong, Bupati Aceh Timur meminta para kepala desa untuk kembali menggiatkan jumat bersih.

“Jika masyarakat didesa sibuk dengan kegiatannya pada hari jumat, maka tidak salahnya gotongroyong di desa dapat dilaksanakan hari minggu atau akhir pekan,” harap mantan gerilayawan GAM ini.

Disisi lain, Bupati Rocky juga mengapresiasi kepala desa yang masih membudayakan gotongroyong di desa, tapi diyakini tidak semua desa selama ini melaksanakan gotongroyong.

“Gotongroyong juga bisa mempererat ukhwah diantara sesama masyarakat dan dapat menyelesaikan berbagai persoalan,” tandas Rocky. (b24)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here