Rocky Keluarkan Perbup Soal PUG

0
PARA Kabag dan kepala OPD mengikuti rapat Sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 46 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender dalam pembangunan, di Aula DPMG, Selasa 23 Oktober 2018. Waspada/Ist

IDI (Waspada): Demi mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam semua tahapan pembangunan, Bupati Aceh Timur H Hasballah HM Thaib atau Rocky mengeluarkan sebuah Perbup khusus tentang Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender dalam pembangunan.

Perbup Nomor 46 Tahun 2018 ini disosialisasikan di Aula Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat Gampong (BPMG) Aceh Timur, di Idi, Selasa 23 Oktober 2018. Sosialiasi dilakukan Asisten Administrasi Umum M. Amin, SH dengan peserta para kabag Setdakab dan para kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Aceh Timur.

“Dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat di daerah, masih terdapat ketidaksetaraan dan ketidakadilan gender. Makanya perlu strategi pengintegrasian gender mulai dari tahapan perencanaan, penyusunan, penganggaran hingga pelaksanaan program kegiatan pembangunan di daerah,” ujar M. Amin.

Amin juga menyebut, Perbup Nomor 46 Tahun 2018 merupakan produk hukum turunan dari Qanun Nomor 6 Tahun 2009 Tentang Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan dan implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2008 yang telah diubah dengan Permendagri 67 Tahun 2011 tentang pedoman umum pelaksanaan pengarustamaan gender di daerah.

“Mudah-mudahan, dengan adanya perbup ini, semua permasalahan, pengalaman, aspirasi dan kebutuhan yang berbeda-beda antara laki-laki dan perempuan, anak laki-laki dan perempuan serta difabel, terakomodir dalam semua dokumen perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi seluruh kebijakan, program dan kegiatan pembangunan di Aceh Timur,” pungkas Amin. (b19)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here