Kita Berhutang Budi Kepada Tokoh Pemuda

0
Gubsu Edy Rahmayadi menyerahkan penghargaan Kepeloporan Pemuda Provinsi Sumutpada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018,di GOR Lubukpakam, Minggu (28/10). Waspada/Khairul K Siregar/B
Gubsu Edy Rahmayadi menyerahkan penghargaan Kepeloporan Pemuda Provinsi Sumutpada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018,di GOR Lubukpakam, Minggu (28/10). Waspada/Khairul K Siregar/B

DELISERDANG (Waspada) : Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan, kita semua berhutang budi kepada para tokoh pemuda Tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda, sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia, sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini.

“Karena itu, komitmen kebangsaan mereka harus kita teladani untuk membangun bangsa satukan Indonesia,”ujar Gubsu Edy Rahmayadi yang bertindak sebagai Pembina Upacara pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2018 yang dipusatkan di GOR Lubukpakam, Kab.Deliserdang, Minggu (28/10).

Kata Gubsu, tugas pemuda saat ini harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur,menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

Edy Rahmayadi menjelaskan, tahun 2019 bangsa Indonesia akan menggelar hajatan besar pesta demokrasi untuk memilih dan menentukan pimpinan nasional dan daerah yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, anggota legislatif baik DPR RI, DPD RI,DPRD Provinsi, dan DPRD Ka-bupaten/Kota.

Untuk itu, peran dan tanggung jawab pemuda dalam mensukseskan proses pemilihan umum nanti amat sangat dibutuhkan, partisipasi aktif pemuda dalam Pemilu 2019 perlu ditingkatkan untuk mewujudkan pemilu yang damai,kredibel dan berkualitas. Selain itu, Gubsu juga meminta kepada para Pemuda Indonesia untuk bisa melahirkan ide-ide, tekad, dan cita-cita pengorbanan.

Pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda itu, Gubsu menyerahkan penghargaan Kepeloporan Pemuda Provinsi Sumut 2018 kepada enam pemuda masing-masing Chairullah dari Kota Medan, Renny Katrina Manurung dari Kabupaten Tapanuli Utara, Cut Mutia Fahira dari Kota Binjai, Raja Otniel Purba dari Kabupaten Langkat, Yoan Raynaldo Sinaga dari Tarutung, serta Muhdi Kurnia dari Deli Serdang.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tingkat Sumatera Utara itu turut dihadiri anggota DPD RI Parlindungan Purba, Ketua DPRD Sumut H Wagirin Arman, Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah,Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan, Wakil Bupati Deliserdang H Zainuddin Mars, Ketua DPRD Deli Serdang Ricky Prandana Nasution, para pimpinan OPD, serta OKP.(crul/a06/m28/B)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here