Korsel – Aceh Kerjasama Kembangkan SMK

1
DISAKSIKAN Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Kadisdik Aceh Syaridin menyerahkan plakat kepada Wakil Ketua DPR Prvinsi Gyeonggido An Hye Young saat melakukan kunjungan kerja ke Korea Selatan, Selasa (30/10). Waspada/Muhammad Zairin/B
DISAKSIKAN Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Kadisdik Aceh Syaridin menyerahkan plakat kepada Wakil Ketua DPR Prvinsi Gyeonggido An Hye Young saat melakukan kunjungan kerja ke Korea Selatan, Selasa (30/10). Waspada/Muhammad Zairin/B

KOTA JANTHO (Waspada) : Lembaga nirlaba yang bergerak bidang kegiatan sosial, Korea Volunteers Association (KOVA),menjalin kerjasama pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Aceh.

Kerjsama itu sudah berlangsung 4 – 11Agustus 2018 lalu, di SMK PP Saree, Aceh Besar. Kerjasama itu sebagaimana surat sebelumnya dari KOVA organisasi yang didirikan pada tahun 1992 oleh anggota Korea International Cooperation Agency (KOICA) tersebut kepada Pemerintah Aceh dalam hal ini Dinas Pendidikan Aceh tertanggal 20 Maret 2018 lalu.

Menyahuti hal itu, Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah bersama Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin, Kepala Bidang Pembinaan SMK, Teuku Miftahuddin, Kepala Sekolah,dan guru SMK, Minggu (28/10), bertolak ke Korea Selatan.

Kadisdik Aceh, Syaridin mengungkapkan, rombongan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah tiba di Kota Seoul, Korea Selatan, Senin (29/10). Syaridin mengatakan, kunjungan Plt.Gubernur Aceh ke Korea Selatan dalam rangka memenuhi Invantion latter dari KOVA perwakilan Provinsi Gyeonggido Korea Selatan.

“Plt Gubernur Aceh selain mengantar juga sekaligus melakukan observasi kegiatan pelatihan dan magang guru dan Kepala Sekolah SMK Pertanian Aceh di Negeri Ginseng itu,” ujar Syaridin, Selasa (30/10).

Kata dia, fokus kerjasama dengan KOVA antara lain memberikan pelatihan guru vokasi, pertukaran informasi tentang penerapan kurikulum serta pelatihan praktik mesin pertanian, peternakan dan perikanan di Korea Selatan.

Syaridin menyebutkan, delegasi Aceh ke Korea Selatan selain Plt Gubernur, Kadisdik, Kabid Pembinaan SMK Aceh, juga ada enam orang kepala SMK dan 12 orang guru. ”Kegiatan ini bersifat kerjasama Disdik Aceh dengan KOVA, dimana dana pemberangkatan dari Indonesia ke Korea dan seluruh biaya pelatihan di tanggung  Pemerintah Korea melalui KOVA,” terangnya.

Sebelumnya tim KOVA telah berkunjung ke SMK – PP Negeri Saree, Aceh Besar, pada 17 Mei 2018 lalu. Mereka melihat lahan praktek Tanaman Pangan Hortikultura, Tanaman Perkebunan, Unit Produksi Ternak Unggas, Ternak Ruminansia,dan Pengolahan Hasil Pertanian.(b06/B)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here