Gelar Lomba Masak, DKP Sumut Ajak Masyarakat Makan Ikan

1
Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumut Nawal Edy Rahmayadi didampingi Kepala DKP Sumut Muliadi beserta Tim Penggerak PKK se Sumut, saat memukul gong pembukaan lomba masak serba ikan tingkat Provinsi Sumut XIII tahun 2018 di Hotel Danau Toba Medan, Rabu (7/11/2018). Waspada/Yuni Naibaho

MEDAN (Waspada): Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) mensosialisasikan gemar makan ikan dengan menggelar lomba masak serba ikan tingkat Provinsi Sumut XIII tahun 2018. Pasalnya, konsumsi ikan di Sumut masih 41 kg perkapita pertahun atau di bawah angka nasional yakni 47 kg perkapita pertahun.

“Angka ini masih jauh dari target 50,8 kg perkapita pertahun. Jadi dengan lomba masak serba ikan yang juga kegiatan nasional ini kita ajak masyarakat menyukai konsumsi ikan,” ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumut Muliadi Simatupang kepada wartawan, Rabu (7/11/2018) di sela-sela acara lomba masak serba ikan tingkat Sumut XIII tahun 2018 di Hotel Danau Toba Medan.

Dikatakannya, lomba memasak olahan ikan ini dalam rangka gerakan kemasyarakat makan ikan (Gemarikan) untuk mendukung kedaulatan pangan yang berkelanjutan untuk kesejahteraan dan kecerdasan masyarakat. “Jadi kita ingin membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk genar mengkonsumsi ikan. Apalagi pengelolaan ikan menjadi makanan enak semakin variatif sehingga bisa menjadi menu wajib makanan keluarga sehari-hari,” kata Muliadi.

Dijelaskannya, lomba masak serba ikan ini telah dilaksanakan secara berjenjang mulai tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga tingkat nasional. Di mana tujuannya juga untuk meningkatkan keterampilan memasak para peserta berbahan baku ikan dan mendukung pemanfaatan sumberdaya ikan yang berkedaulatan dan berkelanjutan untuk kesehahteraan masyarakat.
“Kita juga ingin mencapai target nasional dalam ketahanan pangan dan gizi masyarakat Indonesia dengan mensinergikan visi dan misi gubernur Sumut yakni maju, aman, sejahtera.dan bermartabat yaitu bermartabat dalam sandang dan pangan,” imbuhnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumut Nawal Edy Rahmayadi yang membuka acara lomba memasak ikan tersebut menyatakan, salahsatu faktor yang diharapkan dari acara ini mampu mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi ikan yang semakin variatif.
“Kita tentunya memerlukan dukungan dari ibu-ibu PKK se Sumut untuk sosialisasikan cara pengolahan ikan maupun mengkreasikan menu baru dalam memasak ikan. Peranan ibu perlu membekali diri dengan pengetahuan mengakses informasi terbaru cara penyajian ikan dan higienis,” katanya.

Nantinya, lanjut Nawal, pemenang lomba memasak serba ikan ini akan dikirim ke tingkat nasional. “Kita berharap nantinya perwakilan dari Provinsi Sumut bisa menampilkan makanan olahan ikan yang terbaik dan menjadi pemenang,” katanya.

Salah seorang tim juri lomba, Chef Hasan Basri, mengatakan, penilaian nantinya dilihat dari kandungan gizi, persentase peserta memaparkan menu makanan dan keamanan makanan di saat dikonsumsi.

“Kita harap hasilnya mendapatkan peserta terbaik untuk maju ke tingkat nasional,” tuturnya. (cyn)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here