Berkas Hoaks Ratna Sarumpaet Dilimpahkan ke Kejaksaan

1
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono memperlihatkan berkas hoaks Ratna Sarumpaet yang akan dikirim ke Kejaksaan, Kamis (8/11).Waspada/Hasriwal AS

JAKARTA (Waspada) : Kasus bohong (hoaks) Ratna Sarumpaet dinyatakan lengkap oleh penyidik Polda Metro Jaya. Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya yang menangani kasus aktvis perempuan itu dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Kamis (8/11).

“Polda Metro Jaya ingin menyampaikan perkembanagan penyidikan dari tersangka ibu Ratna Sarumpaet. Hari ini akan diserahkan ke Kejaksaan tahap pertama,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono, di Mapolda Metro Jaya, Kamis (8/11).

Kombes Argo juga memperlihatkan berkas perkara yang dinilai telah rampung untuk dilimpahkan berupa dua berkas tercatat dengan nomor BP/685/XI/2018/Ditreskrimum, tanggal 1 November 2018. Kemudian, berkas perkara nomor BP/685/XI/2018/Ditreskrimum, tanggal 8 November 2018. Masing-masing dalam rangkap dua.

“Berkas terdiri dari hasil pemeriksaan saksi-saksi dalam kasus tersebut dan juga barang bukti. Perlu kita ketahui setelah penyelidikan selama satu bulan lebih, penyidik Polda Metro Jaya sudah menyelesaikan pemberkasan, dalam berkas ini ada 32 BAP tersangka, saksi, dan saksi ahli, dan ada lampiran 63 barang bukti,” ungkapnya.

Menurutnya, Polda Metro menunggu kejaksaan bila nanti dinyatakan berkas ini lengkap akan segera menyerahkan tersangka Ratna Sarumpaet dan barang bukti ke kejaksaan.

“Tapi bila kejaksaan menyatakan ada kekurangan, penyidik akan segera memperbaiki dan melengkapi berkasnya. Nanti kejaksaan akan meneliti kasus ini, apakah berkas ini dievaluasi apakah ada petunjuk maupun apakah ada kekurangan baik itu materil dan formil, seandainya itu ada petunjuk nanti akan segera kita penuhi,” tuturnya.

Dikatakannya, kalau dinyatakan lengkap oleh penuntut umum segera akan kita serahkan tanggung jawab penyidik untuk menyerahkan tersangka dan barang bukti.

Kasus yang melilit Ratna Sarumpaet atas penyebaran hoaks pengeroyokan terhadap dirinya di Kota Bandung yang beredar pada Jumat (21/9), oleh orang tak dikenal.

Kemudian penyidik Polda Metro Jaya menetapkannya sebagai tersangka dan menangkapnya di Bandara Soekarno-Hatta saat hendak terbang ke Chile menghadiri The 11th Women Playwrights International Conference 2018, pada Kamis (4/10) malam. Ratna Sarumpaet resmi ditahan sampai saat ini, sejak Jumat (5/10) lalu.(j02)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here