Ibukota Aceh Singkil Terkepung Banjir

1
Mobil minibus menerobos banjir di Simpang memasuki Komp. BRR Desa Pulo Sarok. (Waspada/Arief H).
Mobil minibus menerobos banjir di Simpang memasuki Komp. BRR Desa Pulo Sarok. (Waspada/Arief H).

SINGKIL (Waspada): Selama tiga hari berturut-turut hujan terus mengguyur kawasan Kab. Aceh Singkil. Hingga Jumat (9/11) sebagian besar ruas jalan di kawasan ibukota kabupaten sudah terendam banjir.

Amatan Waspada, selain merendam sebagian besar kawasan ibukota kabupaten di Desa Pulo Sarok juga ribuan rumah penduduk. Banjir disebabkan curah hujan tinggi dan banjir kiriman dari kabupaten tetangga juga nyaris memutus akses menuju ibukota kabupaten.

Ruas jalan Propinsi di dua titik yakni, Desa Ketapang Indah Kec. Singkil Utara dan Desa Ujung Bawang Kec. Singkil, terendam banjir hingga mencapai ketinggian 30-40 cm. Banjir juga  menyebabkan sebagian besar halaman perkantoran, sekolah, terendam, termasuk ruas jalan protokol.

Selain itu, banjir juga menggenangi ruas jalan simpang memasuki komp. Perumahan BRR hingga ketinggian 20-40 cm, ruas jalan Bandes, dan sebagian besar ruas Jalan Desa Pasar dan Desa Ujung, Kilangan, Suka Makmur, Kuta Simboling, Selok Aceh, Pemuka, Suka Damai serta kawasan Tran DAS Siti Ambia, Teluk Ambun dan Takal Pasir.

Sementara dua desa lainnya, Teluk Rumbia dan Rantau Gedang sudah terisolasi sejak beberapa hari terakhir, dampak banjir kiriman melalui Sungai Lae Soraya.

Termasuk Desa Pea Pumbung dan Ujung Bawang, sebagian warga telah mempersiapkan lantai darurat menunggu datangnya banjir dirumah masing-masing sejak tiga hari lalu.

Informasi Pusdalop-PB Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Aceh Singkil menyebutkan, selain merendam sebanyak 16 desa di Kec. Singkil, banjir juga merendam sejumlah perkantoran dan ruas jalan propinsi di Kec. Singkil Utara sejak, Kamis kemarin.

Sebelumnya banjir kiriman akibat luapan Sungai Lae Cinendang, Sungai Sulampi juga merendam pemukiman penduduk 13 desa di 4 kecamatan lainnya, dikawasan daratan. Diantaranya, Kec. Suro, Simpang Kanan, Gunung Meriah dan Singkil Utara.

Petugas Pusdalop-PB BPBD Rosiana Kusuma menyebutkan, saat ini pihaknya turun langsung meninjau ke lokasi banjir dan terus melakukan pemantauan dan koordinasi. Untuk kesiapsiagaan masyarakat, BPBD juga telah menghidupkan alarm Siaga 1 Banjir, tepatnya di Desa Ujung Bawang Kec. Singkil.

BPBD dan Dinsos hari ini juga akan menurunkan mobil dapur lapangan di 2 titik yakni, di Desa Ujung Bawang dan Desa Suka makmur Kec. Singkil. Hingga berita ini diturunkan hujan masih terus mengguyur Kab. Aceh Singkil. (Cah)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here