Komite III DPD: Tingkatkan Pelayanan AP II

1

DELISERDANG (Waspada): Komite III DPD RI meminta pelayanan PT. Angkasa Pura (AP) II Kualanamu, selaku pengelola bandara ditingkatkan. Termasuk di area check-in tiket dan barang masuk Security Chek Point (SCP).

Ketua Komite III DPD RI Dedi Iskandar Batubara menyatakann hal itu  kepada Waspada di Kualanamu International Airport (KNIA), Rabu (21/11) siang. Disebutkan Dedi, secara umum pelayanan di Bandara Kualanamu sejauh ini sudah terpenuhi. Namun, ada beberapa hal yang masih kurang dan perlu ditingkatkan. “Termasuk pada saat jam tertentu area check-in masih terlihat antrean panjang. Pemeriksaan pada barang masuk area SCP dan sistem pelayanan petugas yang terkesan belum ramah,” katanya.

Dedi menambahkan, saat ini lalu lintas barang masuk di area SCP tidak terlalu diperhatikan petugas, dia khawatir nanti dengan tidak terperifikasi bisa mengganggu penerbangan di Bandara Kualanamu.

Selain itu, di masing-masing kounter check-in tiket, terutama di area Lion Air, sudah seperti area pasar. Bahkan karena banyaknya antrean, jadi sumpek dan berdesak-desakan, sehingga tidak hanya penumpang area itu, pengguna jasa lain juga ikut terganggu dengan riuhnya area tersebut.

“Ini perlu diperhatikan pihak terkait, kalau bisa dibuat pengurangan, dan membukakan kounter lain, sehingga penumpang terlayani dan tidak terjadi seperti saat sekarang ini,” tuturnya.

Komite III membidangi kesejahteraan rakyat (Kesra) juga menyoroti fasilitas para jamaah umrah di Bandara Kualanamu. Menurutnya, sejauh ini jamaah di Bandara Kualanamnu tak terlayani dengan baik, banyak terlihat para jamaah  terlantar, dengan  dibiarkan duduk di lantai bandara yang seharusnya itu tidak mesti terjadi dan harus sempurna pelayanannya.

“Nah, saya kira itu menjadi beberapa hal perlu perhatian serius dari pihak AP II Kualanamu. Agar ke depan tidak terjadi karena ini sangat memalukan kita di mata International,” cetusnya.

Branch Communication and Legal Manager PT AP II Kualanamu, Wisnu Budi Setianto yang dikonfirmasi Waspada memberikan apresiasi saran dan kritikan dari Ketua Komite III DPD RI Dedi Iskandar Batubara.

Menurutnya, kritikan itu akan menjadi bahan masukan bagi pihak mereka untuk meningkatkan pelayanan di Bandara Kualanamu. “Bandara Kualanamu berkomitmen untuk memperbaiki pelayanan,” katanya.

Terkait untuk pelayanan umrah, dalam waktu dekat pihaknya akan membangun  fasilitas khusus di area mezzanine untuk mengantisipasi jamaah umrah supaya mereka dapat terlayani. “Jadi, saat ini masih dalam tahap proses,” pungkasnya. (cir)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here