Real Tetap Bawa Ramos

1

MADRID (Waspada): Juara bertahan Real Madrid tetap membawa kapten Sergio Ramos (foto) ke markas AS Roma untuk melakoni mathchday 5 Grup G Liga Champions dinihari nanti mulai pkl 0300 WIB.

Nama Ramos masuk daftar rombongan 20 pemain El Real, meski bek sentral Spanyol itu sedang tersandung kasus doping.

Namun menurut Football Italia, Senin (26/11), entrenador Santiago Solari terpaksa meninggalkan gelandang Casemiro, kiper Keylor Navas, bek Nacho Fernandez dan Alvaro Odriozola. Keempatnya harus absen akibat mengalami cedera.

Menatap laga penentuan juara Grup G di Stadion Olimpico Roma nanti, Real dipukul dengan berita Ramos gagal melewati tes doping jelang final Liga Champions 2016/2017.
Laporan Football Leaks yang diterbitkan Der Spiegel, 23 November lalu, menyebutkan contoh urine Ramos sebelum tampil lawan Juventus dinyatakan positif mengandung doping dan mesti dikenai hukuman.

Meski temuan itu telah dilaporkan sebulan setelah partai di Cardiff, Wales, UEFA sama sekali tak mengambil tindakan terhadap Real dan Ramos. Manajemen Madrid sendiri berusaha membantah tudingan tersebut.

“Berkaitan dengan informasi yang diterbitkan Der Spiegel kepada kapten kami Sergio Ramos, klub menyatakan sebagai berikut: Sergio Ramos sama sekali tak pernah melanggar regulasi anti-doping,” tepis Real.

“UEFA meminta informasi secara tepat waktu dan menutup kasus ini seketika juga. Seperti biasa dalam kasus seperti ini, setelah verifikasi oleh para ahli dari World Anti-Doping Agency, AMA dan UEFA sendiri.”

Mengenai sisa konten dari publikasi yang telah disebutkan sebelumnya, klub tak akan membahas bukti dari tudingan yang tak substansial seperti itu,” tambah juara Liga Champions tiga musim beruntun tersebut.

Menurut berita Der Spiegel, Badan Anti-Doping Dunia (WADA) memungkinkan adanya tes doping sebelum pertandingan, tapi harus dilaporkan oleh seorang tim dokter saat tes berlangsung.

Jika seorang pemain dinyatakan positif menggunakan doping dan hal itu tak dilaporkan sebelum tes, maka itu dianggap sebagai kasus penggunaan doping dan investigasi harus segera dilakukan.

Laman yang sama juga menyatakan, sebelum kemenangan Madrid 4-1 atas Juventus, Ramos dipilih untuk menjalani pemeriksaan dan melewatkan hampir dua jam memberikan contoh urine, per laporan UEFA.

Tim medis Madrid mengirimkan contoh serupa dan diduga gagal menyebutkan adanya kemungkinan pelanggaran yang dilakukan bintang berusia 32 tahun itu. Sedangkan tim anti-doping UEFA pun dituding memang tak membuka investigasi.

“Di masa mendatang, kami meminta Anda dan tim medis Anda untuk berhati-hati ketika menyelesaikan formulir kontrol doping dan lebih tepat mendeklarasikan pengobatan,” bunyi surat dari UEFA kepada Madrid yang diduga mengindikasikan tak perlu adanya investigasi.

Seusai kekalahan 0-3 Los Blancos di kandang Eibar, Sabtu lalu, Ramos juga ikut membantah kabar doping tersebut.

“Saya harus datang dan membela diri bersama tim legal saya melawan tuduhan ini. Saya sudah melalui 250 atau 300 tes doping sepanjang karier dan tidak pernah gagal, tidak pernah ada ketidakberesan,” tegasnya.

“Kami tahu seperti apa tipe publikasi seperti ini. Mereka mengancam kami dengan berita satu setengah bulan lalu. Kalau Anda tahu kebenaran, Anda tidak perlu takut bohong. Tuduhan ini merupakan upaya menodai citra dan reputasi saya,” pungkas Ramos. (m15/goal/fi)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here