Jalinsum Nyaris Putus

0
JALINSUM di Desa Parbotihan, Kec. Onan Ganjang yang amblas. Waspada/Horden Silalahi
JALINSUM di Desa Parbotihan, Kec. Onan Ganjang yang amblas. Waspada/Horden Silalahi

DOLOKSANGGUL (Waspada): Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) yang menghubungkan Kab. Humbang Hasundutan (Humbahas) dengan Kab. Tapanuli Tengah (Tapteng), tepatnya di Desa Parbotihan, Kec. Onan Ganjang, nyaris putus akibat salah satu sisi badan jalan amblas.

“Pengemudi yang melintas dari Jalinsum tersebut kami himbau agar hati-hati, karena badan jalan tinggal sekitar tiga meter saja setelah amblas belum lama ini,” ujar salah satu tokoh pemuda Kec. Onan Ganjang, Jonter Sinaga, Jumat (30/11).

Dia menjelaskan, bahwa ruas jalan tersebut kerap amblas walaupun sudah sering di perbaiki.”Ke dua sisi jalan itu sudah di bangun beberapa kali. Tapi selalu amblas. Kita menduga kualitas pengerjaan tembok penahan jalannya yang tidak baik selama ini. Terakhir, salah satu sisi tembok penahan jalan sudah menggunakan pondasi pasak bumi. Mudah-mudahan sisi yang amblas itu juga di bangun dengan pondasi pasak bumi,” imbuh Jonter.

Sedangkan Marlen Lumban Gaol,48, salah satu pengemudi yang melintas dari ruas jalan tersebut baru-baru ini mengaku sangat prihatin atas kondisi tersebut.”Saya kemarin pulang kampung dan lewat dari jalan itu. Saya melihat kondisinya sudah sangat parah. Sudah nyaris putus jalannya. Kalau tidak segera di perbaiki, jalan itu cepat atau lambat akan putus total,” sebutnya.

Dia berharap, pihak Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dapat memprioritaskan perbaikan jalan tersebut.”Pemprovsu harus bergerak cepat memperbaiki ruas jalan yang longsor itu. Jika tidak, jalan penghubung antar Kecamatan Onan Ganjang ke Kec. Pakkat hingga ke Kec. Barus, Kab. Tapteng akan terganggu. Sebagai perantau, itulah harapan saya,” harap dia.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Pemkab Humbahas, Jhonson Pasaribu, saat dihubungi melalui telepon selulernya, Jumat (30/11) belum memberikan jawaban. Pun sudah dihubungi berulang-ulang. (chs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here