Trump Tolak Kesepakatan Perubahan Iklim

0
Para pemimpin negara anggota G20 berfoto bersama dalam KTT yang digelar di Buenos Aires, Argentina. AP
Para pemimpin negara anggota G20 berfoto bersama dalam KTT yang digelar di Buenos Aires, Argentina. AP

BUENOS AIRES, Argentina (Waspada): Presiden Amerika Serikat Donald Trump menjadi satu-satunya pemimpin negara di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Argentina yang menolak kesepakatan perubahan iklim. Trump menolak menandatangani kesepakatan yang mendukung gerakan mengatasi perubahan iklim.

Melansir New Zealand Herald, Minggu (2/11), para pemimpin forum yang terdiri dari 20 negara itu sepakat untuk memperbaiki sistem perdagangan dunia. Tapi, hanya 19 yang setuju mendukung Kesepakatan Paris tentang perubahan iklim.

Seperti diketahui, kesepakatan itu menetapkan target bagi negara-negara untuk mengurangi emisi karbon guna melawan pemanasan global dan menjaga suhu global di bawah 2 derajat Celcius.

AS menegaskan kembali keputusannya untuk mundur dari Kesepakatan Paris. Meski demikian, negara-negara G20 pada akhir pertemuan KTT di Buenos Aires menegaskan, Perjanjian Paris tidak dapat diubah. Kini, perwakilan dari hampir 200 negara melanjutkan pembahasan perubahan iklim pada forum PBB di Polandia.

Kantor berita AFP mewartakan, KTT iklim COP24 akan melihat upaya negara menyepakati sejumlah langkah untuk menerpakan perjanjian Paris 2015 guna membatasi kenaikan suhu.

Dunia telah melihat langsung dampak perubahan iklim: kobaran api mematikan yang mematikan, gelombang panas dan angin topan membuat lebih merusak dengan naiknya permukaan air laut.

Bank Dunia pada Senin (3/11) mengumumkan uang senilai US$200 miliar dalam investasi aksi iklim untuk 2021-2025. Hal tersebut menjadi langkah terbesar dalam upaya inisiatif hijau tetapi perlu didukung oleh pendanaan yang disediakan negara.

“Kegagalan untuk bertindak kini berisiko mendorong kita melampaui yang titik tidak dapat kembali dengan konsekuensi bencana untuk kehidupan,” kata Amjad Abdulla, kepala negosiator di COP24 untuk Aliansi Negara-Negara Pulau Kecil. (afp/tnz/And)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here