20 Etnis Rohingya Ke Imirasi Langsa

1
Etnis rohingya keluar dari tempat penampungan sementara di PPN Idi, Aceh Timur, menuju truk untuk dibawa ke Kantor Imigrasi Kelas II Langsa, Selasa (4/12) sore.Waspada/Ishak
Etnis rohingya keluar dari tempat penampungan sementara di PPN Idi, Aceh Timur, menuju truk untuk dibawa ke Kantor Imigrasi Kelas II Langsa, Selasa (4/12) sore.Waspada/Ishak

IDI (Waspada): Sebanyak 20 etnis rohingya yang terdampar di perairan Aceh dan didaratkan di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Idi, Selasa (4/12) pagi, kini telah dipindahkan ke Kantor Imigrasi Kelas II Langsa.

“Ke-20 etnis rohingya itu sudah kita serahkan ke pihak imigrasi. Perjalanan 1,5 jam dari Idi ke Langsa, menggunakan truk,” ujar Bupati Aceh Timur H. Hasballah HM.Thaib, melalui Asisten Keistimewaan Aceh, Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Aceh Timur, Usman A. Rachman, Rabu (5/12).

Ketika dalam penampungan Pemkab Aceh Timur, keseluruhan warga Myanmar itu dibekali dengan tilam sebagai tempat tidur, baju, kain sarung, sajadah, dan makanan ringan lainnya. “Secara manusiawi kita sudah santuni, untuk proses keimigrasian maka kita menyerahkan mereka ke pihak berwenang,” tutur Usman.

Kasis Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II Langsa, Fachrian, dikonfirmasi Waspada, mengatakan, pihaknya masih sebatas melakukan pendataan terhadap seluruh warga asing yang mendarat di Aceh Timur.

“Tapi pemerintah daerah telah menyerahkan mereka ke kita, padahal ini belum menjadi tanggungan kita sebelum mereka berstatus sebagai pengungsi,” ujar Fachrian.

Etnis Rohingya tersebut Hafiz Muhammad Ismail, 20, Muhammad Take, 18, Muhammad Amin, 14, Nur Islam, 19, Suimamba, 50, Abdul Karim, 14, M. Hayas, 15, M. Salim, 27, Salim, 17, Amir Ali, 17, Salamullah, 24, M. Nur Syumi, 18, Abdul Manud, 16, M. Idris, 18, Rusyid Tamud, 28, Abdul Rahim, 14, M. Abdul Rasyid, 19, Syukri Ahmad, 23, Harun Rasyid, 16, dan Muhammad Zubir, 14. (b24).

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here