Bangkitkan Gotongroyong Untuk Perkuat Persatuan

0
BUPATI Tapsel Syahrul M. Pasaribu serahkan peralatan gotongroyong kebersihan kepada 15 camat didampingi kepala desa dan PKK. Waspada/Sukri Falah Harahap
BUPATI Tapsel Syahrul M. Pasaribu serahkan peralatan gotongroyong kebersihan kepada 15 camat didampingi kepala desa dan PKK. Waspada/Sukri Falah Harahap

TAPSEL (Waspada): Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M. Pasaribu menggelorakan kembali kegiatan gotongroyong di seluruh kecamatan. Tujuannya, agar tercipta lingkungan yang bersih, sehat, dan rakyat yang berjiwa sosial tinggi dalam bingkai semangat persatuan kesatuan.

“Setiap hari Jumat, gotongroyong kebersihan lingkungan diadakan di seluruh kecamatan,” tegas Bupati Tapsel pada saat mencanangkan Bulan Bhakti Gotongroyong ke-15 dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-48 di Desa Panobasan Lombang, Kec. Angkola Barat, Jumat (7/12).

Pencanangan itu, ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Tapsel. Sekaligus menyerahkan perangkat mesin babat rumput dan peralatan kebersihan lainnya kepada masing-masing camat didampingi PKK dan perwakilan kepala desa.

Hadir Ketua Tim Penggerak PKK Tapsel Syaufia Lina Syahrul, pimpinan OPD, Camat, perwakilan kepala desa, PKK Desa dan Kecamatan, kader Posyandu, anggota Karang Taruna dan puluhan tokoh masyarakat.

Bupati Tapsel menjelaskan, gotongroyong merupakan perilaku sosial masyarakat yang sudah dimulai dan diwariskan para leluhur kita kepada segenap generasi penerusnya. Hanya saja, budaya itu mulai hilang seiring dengan perkembangan zaman.

Di era globalisasi sekarang ini, lanjut Syahrul, semangat gotongroyong harus dibangkitkan kembali. Karena apabila dimaknai secara luas, gotongroyong bukan sebatas membersihkan lingkungan, tetapi memperkokoh persatuan rakyat Indonesia sebagaimana amanah sila ketiga Pancasila.

Karena itu pemerintah daerah harus hadir di tengah masyarakat, menggelorakan kembali budaya-budaya yang dapat memperteguh kebhinnekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia, sebagaimana amanah butir ke sembilan Nawa Cita Presiden RI Joko Widodo.

Kemudian tema kegiatan yang berbunyi “Melalui Pelaksanaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat dan Hari Kesatuan Gerak PKK tahun 2018, Kita Dayagunakan Peranserta Kelembagaan Menuju Kejahteraan Masyarakat” ini juga bagian Nawa Cita.

Yakni butir ketiga Nawa Cita, ‘Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan”.

“Salah Satu perwujudan Nawa Cita itu antara lain Dana Desa yang setiap tahunnya terus meningkat dan hal ini juga sejalan dengan UU No.6 tahun 2014 tentang Desa yang hasilnya sudah banyak dirasakan masyarakat. Untuk itu kelembagaan desa serta persatuan dan kesatuan kedepan harus terus diperkuat dan diperkokoh,” ujarnya.

Kepada Tim Penggerak PKK, Syahrul berpesan agar tetap bersemangat dalam mendukung pembangunan bangsa, utamanya di Kab. Tapanuli Selatan.

“PKK harus berpartisipasi aktif dalam pembangunan di segala bidang. Semua elemen dan stake holder juga harus tetap bersinergi dalam rangka mewujudkan Tapsel yang sehat, cerdas, sejahtera,” harap Bupati Syahrul M. Pasaribu. (a27)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here