Heran Marquez Bisa Juara

0
Motorsport
Motorsport

MADRID (Waspada): Dr Xavier Mir yang ikut menangani operasi bahu kiri Marc Marquez (foto), mengaku heran pembalap Tim Repsol Honda itu masih bisa menjuarai gelaran MotoGP 2018 dengan cedera yang dideritanya.

“Itu lebih rumit dari yang diperkirakan, tapi itu tampak mudah baginya. Terus terang saya heran bagaimana dia bisa memenangkan balapan dalam kondisi seperti itu,” beber dokter Mir, seperti dikutip dari TuttoMotori, Jumat (7/12).

“Namun kenyataannya demikian. Dia (Marquez) membuat bahunya bergerak ke segala arah dan kami harus melakukan dua hal selama operasi,” ujarnya lagi.

Dokter Mir satu dari tiga dokter yang menangani operasi bahu kiri Marquez bersama Dr Victor Marlet dan Teresa Marlet di Hospital Universitario Dexeus, Barcelona, Spanyol, 4 Desember lalu.

“Soal kembali pulih 100 persen, tidak ada yang bisa menjamin. Tapi seusai operasi, bahkan saat Marc tertidur, kami melakukan tes stabilitas,” jelasnya.

“Kami coba menggerakkan bahunya ke segala arah. Jika dilihat dari pengamatan di monitor, bahunya tak lagi dislokasi,” tambah dokter Mir.

Marquez sebenarnya sudah lama mengalami cedera pada bahu kirinya, bahkan sejak 2014 silam. Tulang bahunya kerap mengalami dislokasi selama empat tahun terakhir, tapi jagoan Honda asal Spanyol itu enggan menjalani operasi.

Superstar berjulukan The Baby Alien itu sadar betul bahwa jika menjalani operasi, maka dia bisa absen dalam beberapa seri balapan dan dengan begitu peluangnya untuk meraih gelar juara bakal menipis.

“Ada pertanda baik, karena saat dia sadar ototnya juga lebih menopang. Ketika dia rileks, tulang humerusnya juga bisa lebih bergerak leluasa,” tutur dokter Mir.

Seusai operasi di Barcelona, juara dunia MotoGP lima kali yang baru berusia 25 tahun itu diharuskan menjalani masa pemulihan selama enam minggu. Marquez harus menepi dari balapan motor hingga jelang bergulirnya tes pramusim 2019 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Februari mendatang.

“Kini dibutuhkan sekitar enam minggu untuk kembali ke puncak, kemudian kita lihat selangkah demi selangkah. Tujuannya adalah untuk mengirim dia ke tes Sepang,” tekad dokter Mir. (m15/tmw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here