Jaringan Rusak, Konsumen Bisa Gugat Telkomsel

1

MEDAN (Waspada) : Masyarakat atau pengguna jaringan internet Telkomsel yang kecewa terhadap pelayanan sinyal internet Telkomsel yang mengalami gangguan pada Kamis (6/12), dapat mengajukan gugatan untuk meminta kompensasi berupa kuota data.

Konsumen Telkomsel bisa mengajukan gugatan ini karena kualitas jaringan yang buruk,”ujar Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sumut Abubakar Siddiq, saat dikonfirmasi Waspada, Jumat (7/12).

Dijelaskannya, sesuai UUN0.36/1999 tentang Telekomunikasi dan UU Nomor 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen, bahwa produsen,yaitu operator telekomunikasi harus memberikan dan menjaga kualitas layanan kepada pelanggannya.

Pengaduan bisa dibuat ke beberapa institusi, seperti YLKI,Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) dan Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN). Atau langsung ke Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI).

“YLKI bisa melakukan klarifikasi kepada operator. BPSK bisa menyelesaikan permasalahan tersebut, dan bila mengadu ke BRTI, akan kita tindaklanjuti sesuai kewenangan kita,”kata Abubakar.  Bila memang terbukti dirugikan, kata Abubakar, Telkomsel harus mengganti kerugian pelanggan secara wajar.

Kuoto internet

Hal senada juga dikatakan Sekretaris Lembaga Advokasi dan Perlindungan Konsumen (LAPK) Sumut Padian Adi. Menurutnya, idealnya Telkomsel harus memberi kompensasi kepada pelanggan, seperti pemberian kuota internet.

“Karena kerusakan ini seharian dan bisa merugikan konsumen. Sedangkan  Telkomsel tidak ada memberitahukan awal atau informasi jujur kepada pelanggan, sehingga bias dituntut pertanggungjawabannya kepada konsumen, berupa ganti rugi atau kompensasi,”ucapnya.

Bahkan, kata Padian lagi,konsumen yang memiliki usaha online atau transaksi online bias mengajukan gugatan sendiri, dan dapat dikabulkan pengadilan, berupa ganti rugi kepada konsumen tersebut.

Atau dengan sanksi lainnya, rekomendasi penghapusan produk hingga pencabutan izin usaha. “Konsumen berhak menerima ganti rugi, dan sebagai niat baik Telkomsel seharusnya kompensasi sudah dapat diterima pelanggan berupa kuota internet, meski tanpa perlu digugat terlebih dahulu,” tuturnya.

Dibeteritakan sebelumnya,pengguna jaringan internet  dari provider Telkomsel di Kota Medan mengeluhkan pelayanan sinyal operator pelat merah tersebut. Sekitar pukul 11:00  jaringan internet mengalami gejala lemot. Padahal koneksi internet pada perangkat Ponsel dengan status sinyal menunjukkan beradap ada jaringan 4G. (cyn/C)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here