Korban KDRT Akan Laporkan Kejari Siantar Terima Jaminan Rp1 M Ke Kejagung

0
Kejari Pematang Siantar.Waspada/Dok

JAKARTA (Waspada) :  Kejaksaan Negeri Pematang Siantar akan dilaporkan ke Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait uang jaminan Rp1 miliar membebaskan pelaku dugaan kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di Pematang Siantar.

Menurut Edison Siaahan, salah satu keluarga korban KDRT akan melaporkan Kejaksaan Negeri Siantar akan dilaporkan ke Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan (Jamwas) Kejagung terkait pemulangan tersangka KDRT berinisial TO (48).

“Kita akan melaporkan Kejari Siantar ke Jamwas terkait proses pengalihan status tersangka menjadi tahanan kota. Ini sangat aneh, pengalihan stsatus itu hanya berlangsung hitungan jam setelah penyidik Polres Siantar melimpahkan tersangka ke Kejaksaan Siantar, pada Kamis (6/12),” kata Edison kepada wartawan di Jakarta, Minggu (9/12).

Dikatakannya, pengalihan status tahanan itu dikabulkan setelah tersangka menyetorkan dana sebesar Rp1 miliar. “Ihwal dana tersebut dibenarkan Kajari Siantar, proses hukum apa ini? Inilah yang akan kita laporkan ke Jamwas,” ujarnya.

Lebih rinci dikataka Edison, dimana TO berstatus tersangka dan tahanan Polres Siantar terkait penyalahgunaan narkoba dengan mengkomsumsi sabu-sabu di depan istri dan anak-anaknya.

“Selain tersangkut narkoba, TO juga melakukan kekerasan terhadap istri dan buron selama lima tahun. Setelah di tangkap polisi, akhirnya dipulangkan Kejaksaan Negeri Pematang Siantar yang menerima setoran Rp1 miliar sebagai jaminan,” ungkap Edison.

Dikatakannya, ikhwal adanya dana Rp1 miliar yang disetorkan oleh adik tersangka berisial UO, dibenarkan Kajari Siantar Ferziansyah Sesunan. “Kalau soal dana Rp1 miliar itu memang benar,” kata Ediosn menirukan Kejari Siantar Ferziansyah Sesunan yang dibuktikan lewat percakapan WhatsApp (WA), Kamis (6/12), dan TO langsung di pulangkan dengan status tahanan kota pada hari itu juga.

Sebelumnya Kepala Kejaksaan Negeri Siantar Ferzinsyah Sesuna lewat surat  nomor 4159/N.2.12/Euh.1/12/2018 tertanggal Selasa 4 Desember 2018 menyatakan berkas perkara Tianus Oscar lengkap (P21).(j02)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here