Klopp Kembali Buat Mou Menganggur

1
AP
AP

LONDON (Waspada): Manajer Liverpool Juergen Klopp (foto kanan), kembali berperan membuat Jose Mourinho (foto kiri) menganggur akibat dipecat Manchester United, Selasa (18/12).

Mourinho dipecat dari jabatannya sebagai pelatih MU, hanya sekira 40 jam setelah timnya kalah 1-3 dalam laga berat sebelah di markas Liverpool pada matchday 17 Liga Premier.

Kekalahan dari pasukan Klopp dalam Derbi Barat Laut Inggris itu seakan menjadi batas toleransi kesabaran manajemen Si Setan Merah. Apalagi Mou dinilai gagal memanfaatkan talenta terbaik MU, seperti gelandang Paul Pogba, winger Alexis Sanchez dan striker Romelu Lukaku.

Pelatih asal Portugal itu juga dipecat dari kursi manajer Chelsea pada 17 Desember 2015, hanya beberapa pekan setelah timnya kalah 1-3 dari Si Merah yang kala itu baru beberapa pekan ditangani Klopp.

Pada 2013 silam, Klopp pun turut andil membuat Mou kehilangan pekerjaannya sebagai entrenador Real Madrid. Saat itu Klopp bersama Borussia Dortmund sukses menyingkirkan Madrid di semifinal Liga Champions dan Mou langsung cabut dari Santiago Bernabeu di pengujung musim.

Kini United tertahan di peringkat enam dengan koleksi 26 poin, terpaut delapan poin dari peringkat lima Arsenal (34). Itu berarti kian menyulitkan MU merilis ambisi empat besar di akhir musim nanti.

“Klub berterima kasih kepada Jose atas kerja kerasnya selama di MU. Kami mendoakannya sukses di masa depan,” begitu pernyataan resmi MU, seperti dilansir BBC.

Meski mampu membawa The Red Devils lolos babak 16 besar Liga Champions, MU musim inimencatatkan start terburuk sejak musim 1990/1991 dengan hanya mengumpulkan 26 poin dalam 17 pertandingan.

Posisi pria Portugal berusia 55 tahun itu akan digantikan caretaker Michael Carrick sampai akhir musim nanti dengan dibantu Kieran McKenna.

Mengingat kontraknya telah diperpanjang sampai tahun 2020, maka United mesti membayar sisa kontrak Mou yang mencapai 24 juta pound atau sekitar Rp439,6 miliar. Dia menjadi manajer ketiga yang dipecat MU sepeninggal Sir Alex Ferguson pada 2013.

Sebelumnya Si Setan Merah sudah memecat David Moyes (2014) dan Louis van Gaal (2016). Di media sudah bermunculan sejumlah nama top yang dikaitkan dengan bos baru David de Gea dan kawan-kawan.

Carrick yang telah menimba pengalaman mengelola tim bersama mantan pelatih Chelsea, Madrid, Inter Milan dan FC Porto itu, termasuk salah satu kandidat, tergantung pencapaiannya sebagai caretaker.

Antonio Conte dan Zinedine Zidane yang sedang menganggur setelah masing-masing meninggalkan Chelsea dan Real Madrid, menjadi favorit suksesor Mou.

Nama Massimiliano Allegri (Juventus) dan Lucien Favre (Dortmund) juga masuk radar manajemen MU. Satu kandidat lagi adalah Nikcy Butt, mantan gelandang United yang kini melatih di akademi sepakbola MU. (m15/rtr/bbc)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here