Jembatan Amblas, Jalan Takengon-Bireuen Dialihkan ke Ruas Lain

1
AMBRUKNYA jembatan Jln. Nasional Takengon-Bireuen Kp. Jamur Ujung Kec. Wih Pesam Kab. Bener Meriah. Waspada/Khairul Ahyar
AMBRUKNYA jembatan Jln. Nasional Takengon-Bireuen Kp. Jamur Ujung Kec. Wih Pesam Kab. Bener Meriah. Waspada/Khairul Ahyar

REDELONG (Waspada): Hujan yang terus-menerus terjadi di Kabupaten Bener Meriah, membuat jembatan jalan nasional  Takengon-Bireuen amblas. Tetapi masih ada jalan alternatif lain yang dapat dipergunakan oleh pengendara, adapun lokasi amblasnya jalan tersebut tepatnya di Desa Jamur Ujung, Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah putus.

Otomatis dengan amblasnya jalan tersebut mengakibatkan akses jalan nasional tersebut lumpuh total, Rabu (19/12). Namun dalam kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa dan amblasnya jembatan itu terjadi sekitar pukul 18.00 WIB, kebetulan tidak ada pengendara yang melintas.

Kabid Kedaruratan BPBD Bener Meriah, Agus Amvera, saat dikonfirmasi mengatakan jembatan putus/amblas tersebut akibat bagian bawah jembatan tergerus oleh debit air yang tinggi, sehingga membuat jembatan menjadi ringkih dan nyaris jatuh. Alhasil akses jalan baik dari Bireuen atau Takengon menjadi terganggu.

Namun demikian masih ada jalan alternatif yang bisa dilalui, yakni jalan depan Setdakab Bener Meriah bisa dilalui jika akan pergi dan datang ke Takengon, Aceh Tengah.

“Akses jalan putus total, karena permukaan jembatan atau pondasinya turun akibat digerus air,” katanya Ampera dan menambahkan masih ada jalan alternatif.

Lebih lanjut ia menjelaskan, hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi di Kabupaten Bener Meriah hari ini, mengakibatkan terjadi bencana musibah banjir, seperti diperempatan Rumah Sakit Umum Muyang Kute, dengan ketinggian diatas mata kaki orang dewasa. Dan musibah banjir disimpang komplek perkantoran Pemkab Bener Meriah, dengan ketinggian sekitar 30 cm.

“Kami himbau kepada warga agar lebih berhati-hati, karena hari ini Bener Meriah dilanda cuaca ekstrem dengan curah hujan tinggi. Seperti jalan eks KKA patut juga diwaspadai, karena kerap terjadi musibah longsor serta diperbatasan antara Bener Meriah dan dan Aceh Tengah juga rawan longsor,” imbuhnya.

Akses jalan nasional Takengon-Bireuen yang lumpuh karena jembatan di Kampung Jamur Ujung, Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah amblas dan nyaris putus, pihak satuan lalu lintas Polres Bener Meriah, mengalihkan jalan bagi pengendara melalui via jalan Pante Raya ke Simpang Teritit.

Kasatlantas Polres Bener Meriah, Ipda Siti Amelia mengatakan semenjak pukul 19.00 WIB ini pihaknya telah mengalihkan arus lalu lintas melalui via jalan Pante Raya ke Simpang Teritit.

“Anggota kita sudah standby dibeberapa titik lokasi, untuk mengarahkan pengendara,” katanya.

Untuk saat ini, kata ia, tidak ditemukan titik kemacetan baik dari arah menuju Takengon ke Bireuen atau sebaliknya.

Kemudian, Plt Bupati Bener Meriah Abuya Sarkawi menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bener Meriah untuk selalu waspada dan siaga bencana longsor dan banjir bandang, berhubung di daerah kita sedang dilanda musim hujan dalam seminggu terakhir.

“Masyarakat Bener Meriah harus siaga bencana,” pungkasnya. (b33)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here