Longsor Susulan Parapat-P.Siantar Lumpuh 4 Jam

0

PARAPAT (Waspada): Longsor susulan kembali menimbun badan jalan dan Jembatan Siduadua (Jembatan Kembar) di Sibaganding, Kamis (3/1) sekira pukul 12.05, yang mengakibatkan ruas jalan nasional menuju kota wisata  Parapat, Danau Toba dan sebaliknya lumpuh selama empat jam.

Kapolsek Parapat, AKP Bambang Sementara, Kapolsek Parapat, AKP Bambang Priyatno, saat dihubungi pukul 16.15 mengatakan, pasca longsor susulan yang terjadi pada pukul 12.05,  jalan sudah bisa dilalui kembali dengan sistim buka tutup satu arah.

Selama empat jam, pihaknya bersama dengan aparat pemerintah bekerjasama membersihkan material longsoran dari jembatan menggunakan 4 alat berat sekaligus. “Setelah dibersihkan, jalan sudah bisa dilalui kembali dengan sistim buka tutup satu arah mulai pukul 16.00 tadi,” kata Kapolsek.

Seyogianya, lanjut Kapolsek, hari itu pihaknya akan melakukan sistim buka tutup pekerjaan dan lalu lintas dilakukan secara bergantian di jalan seputar Jembatan Siduadua (Jembatan Kembar) per jam untuk mengurai kemacetan di kota wisata Parapat.

Sistim buka tutup per jam dilakukan untuk bisa melakukan pengerukan sisa material longsor, agar ke dua lantai jembatan kembar bisa dipergunakan maksimal, karena dalam dua hari terakhir praktis hanya satu lantai jembatan kembar tersebut yang bisa dilalui.

“Namun, belum selesai melakukan pembersihan di lantai jembatan, longsor susulan datang lagi,” katanya, sembari mengatakan arus lalulintas tetap satu arah dari Parapat ke Pematangsiantar. Sedangkan yang dari Pematangsiantar tetap melalui Simpang Palang ke Simpang Sitahoan (Girsang).

Hal yang sama dikemukakan Sekretaris Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Risdoni Sinaga. Longsor susulan yang terjadi pada pukul 12.05 itu sangat mengejutkan dan berskala besar. Material longsor berskala besar berupa tanah berlumpur dari bukit Sibaganding datang tiba-tiba langsung menutup badan jalan dan lantai Jembatan Siduadua.

Dikatakan, akibat longsor susulan ini, praktis hubungan transportasi dari Parapat ke P.Siantar dan sebaliknya, sempat terputus total selama empat jam. Baru pada pukul 16.00, bisa dilalui kembali. (a29)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here