Elnusa Petrofin Sukseskan SATGAS Distribusi BBM Pertamina Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2019

0
SATU mobil tanki berjalan ke luar dari depo Pertamina usai mengisi BBM.
SATU mobil tanki berjalan ke luar dari depo Pertamina usai mengisi BBM.

JAKARTA (Waspada): Sebagai wujud komitmen perusahaan yaitu Hadirkan Energi Untuk Negeri, PT. Elnusa Petrofin (EPN) sebagai salah satu Fuel Fleet Management Bahan Bakar Minyak (BBM) yang resmi ditunjuk oleh Pertamina (persero) telah sukses mendukung distribusi BBM Pertamina selama masa Libur Natal dan Tahun Baru 2019 di berbagai wilayah Indonesia. EPN juga mendukung SATGAS (Satuan Tugas) Pertamina (persero) yang dibentuk khususnya pada saat perayaan hari besar keagamaan seperti Idul Fitri dan Natal serta Tahun Baru, dimana tugas utama dari SATGAS ini adalah untuk memastikan distribusi BBM Pertamina ke SPBU maupun sarana lainnya terlaksana dengan lancar, aman dan sesuai dengan jadwal.

PT. Elnusa Petrofin mengelola dan mendistribusikan BBM Pertamina (persero) di lebih dari 43 lokasi Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina di seluruh Indonesia baik ke SPBU maupun pelaku industri. Memiliki sekitar lebih dari 5.500 Awak Mobil Tanki tersertifkasi dan terlatih yang tersebar di seluruh Indonesia dari Ujung Sumatera sampai Papua.

Faktor safety (Keselamatan dan Kesehatan kerja) merupakan sesuatu yang sangat penting dan tentu tidak dapat ditawar lagi bagi PT. Elnusa Petrofin dalam setiap operasional bisnisnya termasuk dalam layanan Fuel Fleet Management yang ditawarkan. EPN membekali setiap Awak Mobil Tanki (AMT) dengan pelatihan skill dan keselamatan secara terpadu serta berkala untuk memastikan setiap AMT memahami dan memiliki standar keselamatan yang unggul.

Menginjak tahun 2019 Elnusa Petrofin terus berinovasi dalam meningkatkan faktor safety. Saat ini sedang EPN menguji coba Dashcam pada beberapa mobil tangki di TBBM dimana Dashcam atau CCTV khusus memiliki keunggulan yaitu dapat memonitoring lokasi dan kecepatan secara aktual pada mobil tangki pengangkut BBM. Camera pada Dashcam dapat memonitoring kondisi dan situasi baik di dalam kabin (indoor) maupun kondisi jalanan tampak depan (outdoor). Kamera canggih ini juga dapat memonitoring perilaku serta kelelahan (fatigue) pada Awak Mobil Tangki (AMT). Alert pada kamera juga berfungsi dengan baik ketika mobil tangki melaju degan melebihi batas kecepatan (over speed) maka alarm akan berfungsi. Selain itu fitur sensor benturan juga berfungsi dengan baik, mampu mendeteksi jika mobil tangki mengalami benturan. “Jika uji coba ini efektif dan berhasil maka nantinya secara bertahap akan diaplikasikan ke seluruh unit mobil tangki dimiliki dan dikelola oleh EPN,” ujar Haris Syahrudin selaku Direktur Utama Elnusa Petrofin di Jakarta, Jumat (4/1).

EPN juga telah menerapkan teknologi terkini dalam mendukung efektifitas dan efisiensi perusahaan. Seperti terlihat dalam implementasi Sistem Informasi Operasi dan Distribusi (SIOD) serta implementasi dan intergrasi LO non fisik atau Anjungan Validasi Mandiri (AVM) serta Terminal Automation System (TAS) dalam menunjang Fuel Fleet Management System yang memungkinkan semua data operasional terekam dan secara otomatis akan terintegrasi dengan aplikasi MYSAP Pertamina. Data operasional ini nantinya akan dapat diakses secara real time sehingga memudahkan kontrol atas kegiatan operasional di lapangan.

Tahun 2016 EPN selaku operator Fleet Management telah melakukan launching GPS Tracking System, Online Delivery System(ODI) di hampir semua lokasi TBBM yang dikelola oleh EPN dan melakukan beberapa pengembangan fitur dalam SIOD seperti Tyre Management System (TMS), Maintenance Management System (MMS), Ritase dan Auto scheduling yang saat ini dalam proses implementasi di seluruh unit TBBM yang dikelola oleh EPN.

Program kesejahteraan Awak Mobil Tangki (AMT) juga menjadi perhatian Manajemen PT. Elnusa Petrofin, hal ini ditunjukkan dengan reward perjalanan ibadah bagi AMT berprestasi yang dilaksanakan setiap tahun sesuai dengan agama AMT, Ibadah Umroh ke Makkah Madinah bagi AMT yang beragama Islam, Ke Jerusalem bagi AMT beragama Nasrani dan bagi AMT yang beragama Hindu perjalanan ibadah ke India. Selain itu diberikan beasiswa bagi putra putri AMT yang berprestasi dan beragam fasilitas lainnya.

Dalam bidang Corporate Social Responsibility (CSR) EPN juga memiliki kepedulian tinggi terhadap masyarakat dan lingkungan dimana EPN beroperasi, berbagai kegiatan CSR dalam bidang kesehatan, Pendidikan maupun pengembangan komunitas dilakukan secara bersinergi setiap bulannya di seluruh wilayah operasi Elnusa Petrofin. Terakhir, pada akhir Desember 2018 yang lalu, Elnusa Petrofin menggelar Bakti Sosial Khitanan Massal dan Pengobatan Gratis di Labuhan Deli Medan Sumatera Utara yang diikuti ratusan warga.

PT. Elnusa Petrofin bergerak di bidang jasa logistik dan distribusi BBM, terutama Jasa Transportasi BBM, jasa pengelolaan Depo BBM, penjualan BBM Industri & Marine, trading Chemical, trading Pelumas & Asphal dan Ritel Bahan Bakar (SPBU&SPBE). Elnusa Petrofin berhasil memberikan kontribusi sekitar 60 persen revenue kepada PT. Elnusa Tbk. atas kinerja tahun 2017. Selain itu Elnusa Petrofin merupakan salah satu ujung tombak Pertamina untuk menyalurkan BBM PSO (public service obligation) dan BBM Satu Harga ke seluruh penjuru Nusantara. (m08)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here