Istana Limalaras Menanti Dipugar

1
BANGUNAN Istana Niat Limalaras Kec. Tanjungtiram, Batubara kondisi rusak dan memprihatinkan. Bangunan kayunya lapuk dan keropos. Waspada/Iwan Has
BANGUNAN Istana Niat Limalaras Kec. Tanjungtiram, Batubara kondisi rusak dan memprihatinkan. Bangunan kayunya lapuk dan keropos. Waspada/Iwan Has

BANGUNAN bersejarah Istana Niat Limalaras yang terletak di sisi ruas jalan Desa Limalaras, Kec. Tanjungtiram, Kab. Batubara akan segera dipugar. Bupati Ir H Zahir MAP berjanji memfasilitasi demi melestarikan bangunan peninggalan sejarah tersebut.

“Ini kita ketahui dari ungkapan bupati ketika membuka pagelaran dan pameran Kedatukan Batubara Tahun 2019 di Istana Limalaras, yang berjanji memfasilitasi pemugaran istana yang kondisinya kini memprihatinkan karena sudah rusak, sekaligus memelihara benda-benda bersejarah yang masih bertahan,” jelas Irwansyah dan Zainuddin, tokoh pemuda Tanjungtiram, Selasa (8/1).

Istana Limalaras yang mempunyai nilai sejarah tinggi tersebut merupakan peninggalan budaya dan salah satunya sebagai daerah tujuan wisata di Sumatera Utara, khususnya di Batubara, keberadaannya patut diperhatikan.

“Kita harapkan renovasi secepatnya dilakukan, mengingat kondisi bangunan sudah cukup tua, baik lantai, dinding hingga atap dan teras banyak lapuk dan keropos. “Jika hal ini terus dibiarkan dikhawatirkan kondisi istana sebagai objek wisata budaya itu akan mengalami kerusakan lebih parah, sehingga perlu dilakukan upaya pemugaran sebagai melestarikan nilai sejarah tersebut,” ujarnya sambil menambahkan, hal itu perlu dilakukan agar diketahui anak cucu di kemudian hari.

Istana Niat Limalaras yang berjarak lebih kurang tiga kilometer dari kota pantai Kec. Tanjungtiram itu, tidak hanya sebagai daerah wisata budaya, tetapi juga merupakan aset bangsa dan negara, keberadaannya harus tetap dijaga/dilestarikan. Dibangun semasa Datuk Muhammad Yuda berbentuk rumah panggung desain Melayu berukuran 40 x 35 m2, terletak di atas tanah seluas 102 x52 m2. (a13)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here