Penegasan Iran

1
FOX Sports
FOX Sports

ABU DHABI (Waspada): Iran menegaskan statusnya sebagai salah satu favorit juara Piala Asia 2019 dengan menggunduli Yaman 5-0 pada pertandingan pertamanya di babak penyisihan Grup D.

Dalam duel di Stadion Mohammad bin Zayed, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Senin (Selasa WIB), striker Mehdi Taremi mencuri perhatian dengan sumbangan dua golnya.

Taremi (foto) membuka keunggulan Iran menit 12. Bomber Al-Gharafa berumur 26 tahun itu menyarangkan gol keduanya menit 25, setelah Saoud Al Sowadi memasukkan bola ke gawangnya sendiri menit 23 yang diklaim sebagai gol Ashkan Dejagah.

Dua gol terakhir Tim Melli disumbangkan Sardar Azmoun (53) dan Saman Ghoddos (78).

Yaman mencoba menggebrak sejak awal dan memiliki peluang pertama melalui sepakan Ahmed Al Sarori yang melambung pada menit ketujuh. Mereka kemudian berutang kepada kiper Saoud Al Sowadi yang dengan brilian mampu mementahkan upaya Taremi.

Iran asuhan Carlos Queiroz semestinya menyelesaikan duel dengan sepuluh pemain. Namun wasit tidak memberikan hukuman kepada Majid Hosseini yang melakukan pelanggaran keras terhadap Emad Mansoor Tawfik.

Tim Melli selanjutnya akan menghadapi Vietnan pada Sabtu (12/1), sedangkan Yaman akan bertemu Irak.

Di Grup B, Australia harus menemukan cara untuk beradaptasi dengan gaya permainan bertahan lawan di Piala Asia saat menghadapi Palestina yang boleh jadi sama tangguhnya dengan Jordania.

Sang juara bertahan secara mengejutkan takluk 0-1 dari Jordania akhir pekan lalu di Stadion Hazza bin Zayed, Al Ain. Meski mendominasi laga, The Socceroos tidak mampu membalas gol Anas Bani Yaseeen yang dicetak melalui sundulan menit 26.

“Kami bisa menduga hal sama dari Palestina. Mereka akan main bertahan dan semua pemain akan siaga penuh melalui pola permainan bertahan,” jelas Rene Meulensteen, asisten pelatih Australia asal Belanda.

“Kami akan lebih banyak menguasai bola. Tapi yang terpenting kami bermain sabar, menjaga kualitas, menjaga kecepatan kemudian membongkar pertahanan mereka,” tutur Rene, seperti dilansir Reuters, Selasa (8/1).

Asussie mengalami bongkar pasang strategi di bahwa pelatih baru Graham Arnold menyusul kekalahan di babak penyisihan grup Piala Dunia 2018 Rusia. Mereka tampil lebih agresif dan banyak menekan dengan gaya permainan menyerang. (m15/rtr)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here