Polisi Tindak Pengguna Sepedamotor Knalpot Blong

0
KASAT Lantas Polres Tobasa AKP Lambok Gultom menunjukkan barang bukti knalpot blong. Waspada/Ist
KASAT Lantas Polres Tobasa AKP Lambok Gultom menunjukkan barang bukti knalpot blong. Waspada/Ist

BALIGE (Waspada): Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Toba Samosir (Tobasa) menggelar razia knalpot blong di ruas jalan pusat Kota Balige hingga Kota Porsea. Razia dalam kurun waktu satu minggu itu berhasil menindak 55 pengendara sepedamotor dan dua mobil angkutan umum yang tidak menggunakan knalpot standar.

“Atas keluhan masyarakat terkait adanya knalpot blong, kita laksanakan razia rutin di sepanjang ruas jalan pusat Kota Balige, Sigumpar dan Porsea. Kita tindak puluhan pelanggar knalpot tidak standar dengan menahan sepedamotornya,” tegas Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo melalui Kasat Lantas AKP LS Gultom, kepada wartawan kemarin di Balige.

Gultom mengingatkan para pemilik kendaraan tetap menggunakan knalpot standar pabrikan agar tidak menimbulkan kebisingan sehingga meresahkan masyarakat. “Masyarakat itu harus merasa nyaman, tertib dan tenteram. Jadi kita imbau pemilik kendaraan tetap patuh akan aturan berkendara. Jangan ganti knalpot hanya untuk membuat suara bising. Kalau masih ada, kita akan tindak tegas dengan denda tilang,” tegas Gultom.

J Naibaho, 27, salah satu warga Kec. Porsea mengaku sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan aparat kepolisian setempat. “Baguslah pelanggar seperti itu (kendaraan knalpot blong) ditindak. Karena membuat bising. Apalagi kalau sudah tengah malam, suara knalpot blong itu sangat mengganggu waktu istirahat warga,” sebut Naibaho.

Dia berharap agar penindakan terhadap pengendara sepedamotor knalpot blong dilaksakan secara rutin. “Saya berharap razia terus dilakukan. Karena selain suara bising knalpot, pengendaranya juga kerap ugal-ugalan sehingga dikhawatirkan bisa terjadi kecelakaan,” ungkapnya. (chs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here