Longsor Kembali Timbun Jembatan Kembar

0
PETUGAS dibantu warga mengevakuasi mobil minibus dan tiga sepedamotor yang tertimpa material longsor dari atas Jembatan Kembar, Selasa (1/1) petang.
PETUGAS dibantu warga mengevakuasi mobil minibus dan tiga sepedamotor yang tertimpa material longsor dari atas Jembatan Kembar, Selasa (1/1) petang.

PARAPAT (Waspada): Setelah sempat normal selama beberapa hari ( sejak Senin, 7/1), akses jalan menuju kota wisata Parapat, Kec. Girsang Sipanganbolon, dan sebaliknya kembali terganggu, menyusul tanah longsor dari bukit Sibaganding kembali menimbun satu lantai jembatan kembar (Siduadua) di jalur jalan nasuinal Parapat, Jumat (11/1) sekira 14.25.

Tidak ada korban jiwa atau kenderaan yang terjebak dalam kejadian itu, namun akses jalan yang sudah sempat lancar dalam beberapa hari terakhir, kini arus lalu lintas kembali memberlakukan sistim buka tutup kembali.

Kapolsek Parapat AKP Bambang Priyatno saat dihubungi mengatakan, màterial longsor susulan yang menimbun salah satu Jembatan Siduadua setinggi pinggang orang dewasa, sehingga praktis tidak dapat dilalui kenderaan apapun.

” Akibat longsor susulan itu, praktis salah satu jembatan tidak dapat dilalui,” kata AKP Bambang.

Dikatakannya, untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan arus lalu lintas, baik yang menuju ke kota wisata Parapat dan sebaliknya, pihaknya telah melakukan rekayasa lalu lintas dengan memberlakukan sistim buka tutup. Hal ini maaih dapat diberlakukan karena satu jembatan masih bisa difungsikan dengan baik.

” Situasi arus lalu lintas berjalan lancar dan dilakukan buka tutup sehubungan dengan 1 (satu) jembatan yang dapat difungsikan,” tambahnya.

Sementara, Sekretaris Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Ferry Risdoni Sinaga, saat dihubungi pk. 19.30, mengaku masih berada di lokasi Jembatan Siduadua dan bersama pihak Polsek Parapat bekerja keras melakukan pembersihan timbunan material longsor dari atas jembatan menggunakan alat berat.

Dikatakan, beberapa saat setelah longsor susulan itu, pihak kecamatan bekerjasama dengan pihak Polsek Parapat dan masyarakat langsung melakukan evakuasi material longsor dari atas jembatan.

” Karena material longsor yang menimbun jembatan cukup banyak, maka diperkirakan pembersihan baru dapat selesai besok pagi,” ujar Doni.(a29/I)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here