Lonjakan Tuan Rumah

1
KAPTEN Uni Emirat Khalfan Mubarar (kanan) dibayangi pemain India dalam duel di Abu Dhabi.(Yahoo)

ABU DHABI (Waspada): Uni Emirat Arab melonjak ke puncak klasemen Grup A Piala Asia 2019, Kamis (Jumat WIB), setelah menaklukkan India dengan skor 2-0 pada matchday 2 di Stadion Zayed Sport City, Abu Dhabi.

Kedua gol kemenangan tim tuan rumah asuhan Alberto Zaccheroni itu dibukukan gelandang serang Khaflan Mubarak dan striker Ali Ahmed Mabkhout.
UEA yang mengoleksi empat poin dari dua pertandingan, menggeser India yang berada di peringkat kedua dengan tiga poin. India asuhan Stephen Constantine sebelumnya menggasak Thailand 4-1 pada matchday 1 Grup A.

Pasukan Constantine kini harus fokus untuk mengalahkan tim juru kunci Bahrain pada Senin (14/1), jika ingin mengamankan tiket putaran 16 besar. Saat bersamaan Uni Emirat hanya perlu hasil seri untuk memastikan lolos saat menghadapi Thailand (nilai 3).

Sunil Chhetri yang menjadi bintang dengan dua golnya saat India menggasak Thailand, punya peluang emas pada babak pertama, Namun bola tandukannya mengarah lurus ke kiper Khalid Eisa Bilal dari umpan silang Anirudh Thapa.

Setelah itu skuad Zaccheroni memperbaiki permainan dan memecah kebuntuan menit 41. Gelandang Mubarak menghukum lengahnya pertahanan lawan dengan melesakkan tembakan melewati kiper Gurpreet Singh dari sudut sempit.

Chhetri berpeluang memberikan respon secepatnya saat dia lepas dari kawalan pemain UEA. Namun penyelesaian pemain berusia 34 tahun itu masih membentur tiang gawang.
India terus menjadi tim yang terlihat lebih berbahaya setelah turun minum. Mereka hampir menyamakan kedudukan ketika Udanta Singh melepaskan tembakan yang mengenai bagian bawah mistar gawang menit 55.

Kapten Ismail Al Hamadi memiliki peluang untuk menambah keunggulan Uni Emirat, namun dia gagal melakukannya. UEA baru mampu mengunci tiga poin ketika Mabkhout dengan tenang memasukkan bola operan Ali Hassan Salmin.

Setelah Milovan Rajevac dipecat Thailand seusai matchday 1 Grup A, Piala Asia 2019 kembali memakan korban. Kali ini Bernd Stange yang dipecat seusai Syria kalah 0-2 dari Jordania pada Kamis malam di Sheikh Khalifa International Stadium.

Fajr Ibrahim ditunjuk sebagai pelatih menggantikan tugas Stange asal Jerman untuk sisa laga Piala Asia 2019.

Syria baru mengoleksi satu poin dari dua laga Grup B, karena sebelumnya hanya bermain 0-0 dengan Palestina. Sedangkan Jordania dipastikan menjadi tim pertama yang lolos 16 besar dengan kemasan 6 poin.

Australia peringkat kedua berkat sukses menggunduli Palestina 3-0 pada pertandingan keduanya, Jumat (11/1) malam. (m15/afp)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here