Sambutan Gubsu

1
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh…

Segala puji dan syukur dipanjatkan ke hadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam yang yang telah memberikan begitu banyak nikmat kepada Kita, sehingga sampai saat ini kita masih dapat menyaksikan dan memperingati hari ulang tahun surat kabar kebanggaan kita, Harian Waspada yang ke-72 tahun pada 11 Januari 2019 ini.

Membuka lembaran Harian Waspada sejak Tahun 1947,seperti melihat sejarah dan kiprah perjalanan bangsa ini dus Sumatera Utara dalam zaman pergerakan, pembangunan, reformasi dan zaman digital saat ini.

Tak salah jika koran ini diberi label Harian Umum Nasional yang ada didaerah.Koran ini merupakan salah satu koran yang lahir pada masa pergerakan dan menjadi alat komunikasi bagi para pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.  Dalam perkembangannya, Waspada setia mengawal roda jalannya pemerintahan,  pembangunan dan kemasyarakatan demi tegaknya kebenaran dan keadilan.

Itu semua menjadi amal jariah bagi pendahulu kita, yang merintis dan memperjuangkan berdirinya Media ini. Doa dari kita untuk Ayahanda Alm. H. Mohd Said (1905-1995) dan Ibunda Almh. Hj. Ani Idrus (1918-1999), semoga semua kebaikan ini diterima oleh Allah SWT.

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara memberikan apresiasi dan bangga telah memiliki Harian Waspada yang telah menjelma menjadi salah satu pilar demokrasi. Media ini mampu memainkan perannya sebagai penyeimbang informasi dari pemerintah dan memberikan masukan yang konstruktif dari masyarakat dan kelompok kepentingan terhadap perbaikan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik.

Harapannya, media yang kita cintai ini untuk selalu konsisten dan amanah dalam memberitakan yang benar, dengan cara yang benar pula. Pada kesempatan kali ini perlu diungkapkan bahwa perkembangan teknologi informasi telah merubah wajah dunia.

Pola komunikasi dan penyampaian informasi telah bergesar dari manual kearah digitalisasi. Perkembangan teknologi menyebabkan informasi yang cepat, luas dan mendalam. Sebuah peristiwa pada suatu tempat akan dapat diketahui secara langsung oleh masyarakat di tempat lain pada saat itu juga.

Semua aspek kehidupan, saat ini sudah berbasis teknologi informasi semisal internet dengan segala pengembangannya, atau yang kita kenal dengan revolusi 4.0. Kita tentu tidak boleh tertinggal dan tergilas dengan perubahan ini.

Karena tertinggal berarti mati. Untuk media cetak, kita paham, sekarang menghadapi tantangan dengan munculnya media online dan media sosial. Sudah sering kita dengar bahwa posisi media cetak di mata public saat ini mulai bergeser,  tidak lagi menjadi referensi utama dalam asupan berita dan informasi.

Begitu pun perkembangan teknologi yang terjadi sesungguhnya telah membuka peluang dan memberikan harapan baru bagi media massa. Banyak media cetak yang kemudian menyesuaikan platformnya agar tetap bias menjadi sumber informasi utama masyarakat.

Media memang harus mampu menyikapi perubahan, menjadikan tantangan dan ancaman yang ada menjadi keuntungan. Perubahan yang revolusioner ini sebenarnya juga memberikan pengaruh pada penyelenggaraan pemerintahan.

Kita sudah akrab dengan istilah e-government. Khususnya untuk Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sudah diterapkan e-Planning, e-Keuangan, e-SSH, e-Pokir, e-Ab sensi dan lain-lain. Kami juga sudah membuat Sumut Smart Province sebagai pusat data dan informasi berbasis internet, yang bisa diakses dimana dan kapan saja sehingga memudahkan dalam evaluasi dan monitoring.

Maka akhirnya, kami mengajak kita semua untuk terus melakukan perubahan dan berbenah.Mari kita mulai dari diri sendiri dan saat ini juga.Mulai dari yang kecil dengan tidak menunda-menunda untuk kehidupan yang lebih baik.

Demikian yang dapat disampaikan, sekali lagi diucapkan dirgahayu Surat Kabar Harian Waspada ke-72 Tahun 2019. Tetaplah istiqamah dalam pemberitaan Demi Kebenaran dan Keadilan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here