Akses Jalan Siduadua Lancar Wagubsu Kirim Long Arm

1
ARUS lalu lintas di Jembatan Kembar Parapat sudah lancar kembali, Senin (14/1). Waspada/Ist
ARUS lalu lintas di Jembatan Kembar Parapat sudah lancar kembali, Senin (14/1). Waspada/Ist

PARAPAT (Waspada): Arus lalu lintas di Jembatan Siduadua (Kembar) Sibaganding Parapat pasca beberapa kali tertimbun longsor, kembali berjalan lancar. Material longsor berhasil dibersihkan dari ke dua lantai jembatan kembar, namun demikian lokasi tetap dijaga petugas kepolisian dan relawan warga setempat.

Pantauan di lapangan Senin (14/1), arus lalu lintas sudah kembali normal dan lancar. Ke dua lantai jembatan kembar itu sudah bisa dilalui. Sejumlah petugas dan relawan yang bersiaga di lokasi jembatan di jalur jalan nasional itu tetap menghimbau para pengendara untuk tetap waspada saat melintas.

Kapolsek Parapat, AKP Bambang Priyatno, kepada Waspada mengatakan, arus lalu lintas di Jembatan Siduadua sudah lancar dua arah sejak pagi. Begitupun, dia tetap mengingatkan agar para pengendara tetap hati-hati atau waspada, karena longsor tidak dapat diprediksi kapan datangnya.

“Longsor tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Kepada pengendara kita minta waspada dan melintas cepat saat berada di jembatan kembar,” ujar Bambang.

Lebih lanjut dikatakannya, penanganan longsor Jembatan Siduadua masih butuh perhatian serius dari semua pihak. Selain pembersihan badan jalan, pembersihan bawah jembatan juga penting segera dilakukan.

Menurutnya, material longsor berupa batu besar dihulu dan bawah jembatan cukup banyak, sehingga harus dibersihkan dengan alat berat Long Arm. Selama ini alat berat yang digunakan tidak ada yang mampu mengangkat batu besar tersebut dan ini menjadi penghalang sewaktu melakukan evakuasi material longsor.

Kepada Wagubsu saat meninjau lokasi Jembatan Siduadua sudah dimintakan bantuan alat berat Long Arm, yakni alat yang mampu mengorek material longsor berupa bebatuan, karena kondisi bawah jembatan dipenuhi batu berukuran cukup besar.

“Alhamdulillah alat berat Long Arm bantuan Wagubsu informasinya saat ini sudah dalam perjalanan menuju Parapat. Dengan kehadiran alat tersebut diharapkan dapat mengatasi keadaan di jembatan kembar,” kata Kapolsek saat dihubungi Waspada Senin (14/1) sekira pk. 17.00.

Dia juga mengungkapkan di puncak longsor tim pantau personil kepolisian masih tetap disiagakan guna memberikan informasi, sehingga bila terjadi pergerakan tanah dapat segera diantisipasi. (a29)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here