Durian Sidikalang ‘Serbu’ Tanjungbalai

1
DURIAN asal Sidikalang 'serbu dan rajai' pasar di Kota Tanjungbalai. Waspada/Rahmad F Siregar
DURIAN asal Sidikalang 'serbu dan rajai' pasar di Kota Tanjungbalai. Waspada/Rahmad F Siregar

TANJUNGBALAI (Waspada): Durian asal Sidikalang ‘menyerbu dan merajai’ pasar di Kota Tanjungbalai. Buah berduri yang rasanya manis, ada pahit, bahkan pahit manis ini, gampang ditemui di kawasan inti Kota Tanjungbalai, seperti di Jalan SM Raja.

Menurut sejumlah pedagang di Tanjungbalai, durian Langkat, Pematangsiantar dan Tebingtinggi rasanya pahit. Sementara dari Sidikalang pahit manis, dan Sibolga rasanya manis.

Para pedagang membuka lapak seadanya di pinggir jalan dari siang hingga malam hari. “Masih durian Sidikalang yang banyak dijual di Tanjungbalai,” kata seorang pedagang di Jalan SM Raja, Ifan Kolev, kepada waspada, Senin (14/1).

Warga Kec. Tanjungbalai Selatan ini pun menyatakan durian yang dijualnya berkualitas baik dengan rasa manis kepahit-pahitan. “Pahit manis rasanya. Silahkan dipilih, nanti kita lihat kalau ada yang busuk diganti,” ujarnya.

Dia menjual durian dengan berbagai variasi harga sesuai ukuran, mulai Rp10 ribu-Rp15 ribu perbuah, ada juga Rp15 ribu untuk dua buah durian. “Kita ambil dari agen nggak bisa satu ukuran, harus bermacam-macam, istilahnya cong,” katanya.

Ifan Kolev mengaku sehari bisa menjual hingga 100 buah tergantung situasi pasar. Jika durian yang dijualnya tidak laku, maka untuk mencegah kerugian lebih besar dia menjual hanya daging yang sudah dikupas dari biji. “Banyak manfaatnya, untuk martabak, kue atau pun jus. Daging durian kupas bisa dijual hingga Rp85 ribu per kilogram,” ujarnya sambil menambahkan, untuk mendapat takaran 1 kg, dibutuhkan 10 buah durian ukuran sedang, dan 20 ukuran kecil.

Salah satu pembeli di lapak Ifan Kolev, Maya, warga Kec. Datukbandar, Kota Tanjungbalai mengatakan, harga durian saat ini cukup murah dibanding hari sebelumnya. “Harganya Rp25 ribu perbuah kubeli semalam, dan hari ini paling mahal cuma Rp15 ribu,” kata Maya yang mengaku sudah membeli 10 buah durian ukuran sedang dari lapak Ifan Kolev. (a14)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here