Satpol PP Turunkan APK Langgar Aturan

1
PETUGAS Satpol PP WH menurunkan baliho di lokasi tempat ibadah Desa Pulo Sarok Singkil, Selasa (22/1). Waspada/Ist
PETUGAS Satpol PP WH menurunkan baliho di lokasi tempat ibadah Desa Pulo Sarok Singkil, Selasa (22/1). Waspada/Ist

SINGKIL (Waspada): Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan WH menertibkan puluhan lembar spanduk dan baliho dari lokasi Desa Pasar dan Pulo Sarok serta lokasi tempat ibadah.

Amatan Waspada, sejumlah alat peraga kampanye yang terpasang di pepohonan maupun milik swasta tanpa dilengkapi izin tertulis diturunkan oleh personel Satpol PP dan WH.

Tindakan penurunan juga sempat mendapat protes warga yang keberatan atas penurunan baliho kandidat Calon DPR RI. Adu mulut juga sempat berlangsung beberapa saat karena protes baliho yang terpasang di dinding gedung milik swasta.

Ketua Panwaslih Kab. Aceh Singkil Salman kepada Waspada Selasa  (22/1) mengatakan,  penindakan langsung dengan cara penurunan alat peraga kampanye (APK) Calon Legeslatif (Caleg) DPRK, DPRA maupun DPR RI itu dilakukan oleh personel Satpol PP bersama Panwaslih Kabupaten serta pihak Kepolisian yang dilaksanakan menyusul surat himbauan Panwaslih nomor.01/ K.AC-06/PM.00.02/I/2019 perihal penertiban alat peraga kampanye, yang sudah dikirimkan ke seluruh pimpinan Parpol di Kabupaten Aceh Singkil.

Panwaslih sudah resmi menyurati seluruh pimpinan Parpol, pada 9 Januari 2019, baik di kabupaten maupun kecamatan. Jika ada APK yang tidak sesuai dengan ketentuan, agar masing-masing Partai Politik dapat segera menurunkan selambat-lambatnya 16 Januari 2019.

Namun sebagian calon himbauan tersebut tidak juga diindahkan, sehingga Panwaslih berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten untuk melakukan penertiban, sebutnya.

Penertiban dan penurunan apk calon legeslatif itu dilakukan mengacu kepada SK  KIP Kabupaten Aceh Singkil Nomor 134/PL.O1,5-Kpt/11kab/XII/2018 tentang Perubahan Keputusan Komisi lndependen Pemilihan Kabupaten Aceh Singkil Nomor 79/PL.01.5.Kpt/1110/Kab/IX/2018 tentang Penetapan Lokasi Pemasangan Alat Peraga Kampanye dalam Pemilu 2019.

Terkait protes warga menurut Salman terjadi disebabkan miskomunikasi antara peserta Pemilu dengan Parpol kabupaten setempat. Sebab sebagai peserta Pemilu dari DPR RI, mereka belum berkoordinasi dengan Parpol terkait aturan KIP dan himbauan Panwaslih, sehingga belum melengkapi izin tertulis tersebut.

Dijelaskan, penertiban dilaksanakan di 3 titik lokasi. Wilayah Singkil meliputi Singkil Utara. Wilayah Kec. Gunung Meriah, meliputi Kec. Singkohor dan Kuta Baharu. Wilayah titik Simpang Kanan, meliputi Suro dan Danau Paris.

Sedangkan untuk Kec. Pulau Banyak, Pulau Banyak Barat (PBB) dan Kuala Baru sementara tidak terpantau APK yang melanggar aturan.

Petugas Satpol PP WH Iswar menyebutkan, penertiban APK yang dilaksanakan merupakan petunjuk dan rekomendasi pihak Panwaslih Kab. Aceh Singkil. “Sebagian APK sudah ditertibkan di Desa Pasar dan Pulo Sarok, selanjutnya menyusul Singkil Utara sesuai permintaan dan rekomendasi Panwaslih, yang mana harus diturunkan,” sebut Iswar. (Cah)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here