Ekskul Literasi SMAN 2 Medan Hasilkan Penulis Berbakat

1
Bincang-bincang antara WPI dan Kepala Sekolah serta guru SMAN 2 Medan di Taman Literasi sekolah itu.
Bincang-bincang antara WPI dan Kepala Sekolah serta guru SMAN 2 Medan di Taman Literasi sekolah itu.

MEDAN(Waspada): Kegiatan Ekskul Bidang Literasi di SMAN 2 Medan, telah menghasilkan siswa menulis yang berbakat. Bahkan karya mereka berupa puisi dan cerpen telah pula dibukukan.
     
Hal ini terungkap saat berlangsungnya kunjungan Wanita Penulis Indonesia(WPI) Sumatera Utara diketuai Anita Kencanawati, Sekretaris Anum Saskia dan pengurus Elviani Tanjung serta Syafriwani Harahap, Selasa(22/1).
     
Kunjungan diterima Kepala Sekolah Drs Buang Agus dan guru ekskul literasi Alexander Zulkarnain, Afri Amelia dan Fela Felia Batubara.
Dalam keteranganya, Buang Agus menyebutkan dia memprakarsai ekskul literasi sekaligus menghadirkan Taman Literasi di area sekolah.                 

“Sesungguhnya literasi (membaca) itu maknanya sangat luas. Bukan saja berpatokan pada buku bacaan pelajaran, tetapi pada buku-buku lain sebagai penunjang mata pelajaran itu sendiri,” kata Buang Agus.

Dijelaskan, dengan adanya ekskul literasi ini, para siswa semakin bergiat melahirkan tulisan yang sudah dikemas dalam sebuah buku. “Saya mendorong sepenuhnya apa yang mereka tulis, dari buku diterbitkan itu sebagiannya untuk koleksi perpustakaan dan diberikan kepada mereka,”ujarnya.

Hadirnya, Taman Literasi, ujar Buang Agus, juga sudah menjadi penilaian Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi yang datang ke SMAN 2, sekaligus memberi dukungan atas adanya taman ini.

“Kedepan, kami akan lengkapi buku bacaan, dengan begitu membaca buku di taman lebih menggembirakan para pelajar,” katanya yang berharap siswa bergabung di ekskul literasi semakin banyak, sehingga karya yang dihasilkan juga semakin banyak.
   
Ketua Wanita Penulis Indonesia (WPI) Sumatera Utara, Dra.Anita Kencanawati menilai keberadaan ekskul literasi di SMAN 2 Medan sangat positif. Selain mendorong kemampuan membaca dan menulis siswa, akan bermanfaat untuk mendongkrak minat siswa untuk menguasai setiap mata pelajaran, karena siswa akan memantapkan pengetahuan lewat membaca.

“Tentu saja keberadaan ekskul ini lebih lengkap jika hasil karya mereka didiskusikan bersama, guna lebih mendorong semangat mereka berkarya,” kata Anita.(m37/c)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here