Honda Harus Mampu Pupus Polemik

1
Twitter
Twitter

MADRID (Waspada): Tim Repsol Honda harus mampu memupus setiap polemik, supaya kedua pembalapnya Marc Marquez (foto kanan) dan Jorge Lorenzo (foto kiri) sama-sama merasa puas dan berprestasi maksimal.

“Mereka harus memperlakukan keduanya setara dan memupus polemik. Tidak boleh ada nomor 1 atau 2 sejak awal,” saran legenda balap Giacomo Agostini lewat Speedweek, Jumat (1/2).

Potensi konflik Lorenzo dan Marquez memang sangat memungkinkan pada gelaran MotoGP 2019, karena keduanya merupakan pembalap berlabel juara dunia. Marc Marquez berstatus juara bertahan dan sudah lima kali jadi juara dunia MotoGP bersama Honda, sedangkan Lorenzo tiga kali kampiun ketika menggeber Movistar Yamaha.

“Keduanya sang juara dan harus merasa puas. Hasil akhir lah yang nantinya menentukan siapa nomor 1. Anda mesti menunggu hingga balapan pertama,” jelas Agostini.

Lorenzo sering terlibat konflik dengan rekan setimnya. Mulai dari Valentino Rossi di Movistar Yamaha serta Andrea Dovizioso di Ducati Corse.

Menurut Agostini, kunci harmonisasi Tim Repsol Honda akan tergantung pada performa awal Lorenzo. Jika rider Spanyol berumur 31 tahun itu membuat start cemerlang pada seri pembuka bulan Maret mendatang di Qatar, sudah pasti Marquez tidak mau kalah hingga menciptakan duel yang sengit.

Gesekan yang sama kemungkinan besar akan terjadi antara Marquez dengan Lorenzo. Apalagi, pembalap yang namanya disebut pertama kadung dianggap sebagai anak emas oleh Honda. Agostini yakin persaingan keduanya bakal menciptakan duel yang menarik sejak balapan pembuka di Qatar.

“Anda tidak perlu mendramatisir gerita di dunia balap. Tentu saja tidak ada orang yang mau mengalah, apalagi oleh rekan setimnya,” papar pria Italia berusia 76 tahun tersebut.

“Tetapi hanya ada satu pemenang dan saya yakin akan ada duel ketat. Ketika mereka sama-sama bersaing, dosis kebencian tak bisa dihindari,” prediksi Agostini.

Marquez yang dijuluki The Baby Alien alias Si Bayi Ajaib dan Lorenzo yang berjulukan X-Fuera, menariknya sama-sama tengah fokus memulihkan cedera masing-masing.

Baby Alien bertekad segera kembali menaiki motornya saat tes pramusim pekan depan di Sepang, Malaysia. Sedangkan X-Fuera menargetkan comeback pada tes pramusim di Losail, Qatar, awal Maret 2019.

“Satu-satunya tujuan saya pada balapan pertama adalah bertahan sebaik mungkin. Setelah itu kami memiliki dua minggu lagi sebelum tes kedua berlangsung,” tekad Marquez. (m15/spd)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here