Angelina Jolie Kunjungi Pengungsi Rohingya

1
Angelina Jolie (kedua kiri), saat mengunjungi kamp pengungsi Rohingya di Cox’s Bazar, Bangladesh, Senin (4/2) waktu setempat. Daily Star
Angelina Jolie (kedua kiri), saat mengunjungi kamp pengungsi Rohingya di Cox’s Bazar, Bangladesh, Senin (4/2) waktu setempat. Daily Star

COX’S BAZAR, Bangladesh (Waspada): Aktris peran Hollywood Angelina Jolie mengunjungi kamp pengungsian warga etnis Rohingya di Bangladesh pada Senin (4/2) waktusetempat. Kemunculan Jolie di rumah sementara bagi warga yang melarikan diri dari kekerasan di Myanmar itu sebagai utusan khusus Badan Pengungsian PBB (UNHCR).

Menurut laporan surat kabar Dhaka Tribune, Jolie tiba di distrikpesisir Cox’s Bazar pada pukul 10.30 waktu setempat. Tanpa membuat pernyataan kepada wartawan, dia menuju ke kamp untuk memantau situasi yang dihadapi oleh warga etnis Rohingya.

Kantor berita AFP mewartakan, Jolie berada di kamp di Teknaf dekat perbatasan Myanmar untuk berbincang langsung dengan warga etnis Rohingya. Dia juga dijadwalkan untuk berbicara dengan para perempuan di sana yang menjadi korban kekerasan dan pelecehan seksual.

Wakil Kepala Polisi distrik Cox’s Bazar, Ikbal Hossain, mengatakan Jolie akan mengunjungi beberapa kamp pengungsian pada Selasa (5/2). Selama berada di Bangladesh, Jolie akan memeriksa kebutuhan bantuan kemanusiaan bagi pengungsi.

Sebelumnya, dia pernah bertemu dengan warga etnis Rohingya di Myanmar pada 2015 dan di India pada 2006. Jolie akan mengakhiri kunjungannya dengan bertemu Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina, Menteri Luar Negeri AK Abdul Momen, dan pejabat senior lainnya di Dhaka.

Pertemuan mereka akan berfokus pada upaya UNHCR membantu Bangladesh mencapai solusi berkelanjutan tetap nasib Rohingnya. PBB akan segera menyerukan seruan internasional untuk mengumpulkan US$ 920 juta (sekitar Rp12,8triliun) guna memenuhi kebutuhan para pengungsi.

Bangladesh menjadi negara yang menyediakan pengungsian terbesar di dunia dengan 620.000 orang dari etnis Rohingnya berada di sana. Kunjungan Jolie pada kali ini akhirnya dapat terwujud setelah sebelumnya sempat batal beberapa kali. (afp/And)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here