Aliansi Buruh Aceh Tolak Tenaga Kerja Asing

0
Aksi Aliansi Buruh Aceh menolak tenaga kerja asing buruh kasar di Banda Aceh, Rabu (6/1). Waspada/Gito Rolies/B
Aksi Aliansi Buruh Aceh menolak tenaga kerja asing buruh kasar di Banda Aceh, Rabu (6/1). Waspada/Gito Rolies/B

BANDA ACEH (Waspada) : Aliansi Buruh Aceh menggelar aksi menolak Tenaga Kerja Asing (TKA) buruh kasar (unskill) yang bekerja di Aceh.

Aksi disertai orasi itu dilakukan seratusan massa Aliansi Buruh Aceh (ABA) disejumlah lokasi di Kota Banda Aceh, Rabu (6/2), di antaranya di bundaran Simpang Lima,kantor Disnakermobduk Aceh, dan kantor BPJS Kesehatan,serta DPRA.

Dalam aksinya di depan gedung DPR Aceh, Ketua ABA Syaifulmar dengan tegas menyatakan pihaknya menolak kehadiran tenaga kerja asing unskill dan unprosedural di Aceh.

Meskipun tidak satupun anggota DPRA menemui peserta aksi, namun ABA secara bergantian melakukan orasi dihalaman DPRA dengan dikawal aparat Satpol PP dan kepolisian.

Koordinator Aksi HabibiInseun menyatakan, menolak peraturan Menteri Kesehatan Nomor 51 Tahun 2018 tentang penggunaan urun biaya dan selisih biaya dalam program jaminan kesehatan.  Mereka juga meminta cabut PP 78 Tahun 2015 tentang pengupahan dan jalankan qanun Nomor 7 Tahun 2014.

“Kami juga meminta pemerintah agar membuka lapangan kerja dan menolak ancaman PHK, hapus system kerja outsourching dan bentuk dewan pengupahan daerah,”katanya. Selanjutnya, mereka juga meminta agar dibentuk regulasi perlindungan pekerja informal transportasi online, serta perhatian terhadap nasib honor dan kontrak dilingkungan pemerintah dan sejahterakan guru. (cb01/I)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here