PLN UIKSBU Sosialisasikan K3 Di SMKN 7

0
PARA siswa SMKN 7 Medan foto bersama dalam acara Safety Goes to School dan Sosialisasi K3 yang digelar PLN UIKSBU dalam rangka Peringatan Bulan K3 Nasional 2019. Waspada/Sugiarto
PARA siswa SMKN 7 Medan foto bersama dalam acara Safety Goes to School dan Sosialisasi K3 yang digelar PLN UIKSBU dalam rangka Peringatan Bulan K3 Nasional 2019. Waspada/Sugiarto

MEDAN (Waspada): Dalam rangka Peringatan Bulan K3 Nasional 2019, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Utara (UIKSBU) menggelar kegiatan sosialisasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di SMKN 7 Medan, Jl. STM Medan, Kamis 97/2).

Senior Manager Produksi PLN UIKSBU Eko Mursidanto yang membuka secara resmi Sosialisasi K3 di SMKN 7 Medan tersebut mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Peringatan Bulan K3 Nasional 2019 yang diselenggarakan PLN, salah satunya yang dilakukan PLN UIKSBU.

“Dalam kegiatan ini, PLN UIKSBU mengenalkan K3 kepada para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 7 Medan. Pengenalan tersebut merupakan sosialisasi Safety Goes to School. Intinya, kita ingin mengenalkan sejak dini mengenai pengetahuan listrik khususnya listrik rumah tangga dan bahaya serta penanganannya seperti apa,” kata Eko Mursidanto didampingi Engineer K3 PLN UIKSBU Robert Hutasoit.

Pada kesempatan itu, Eko memberikan gambaran dan materi singkat kepada siswa-siswi dan para guru yang ikut serta, bagaimana energi listrik dihasilkan dan bagaimana produksi serta distribusinya.

Eko juga memaparkan bagaimana jika terjadi pemadaman listrik hingga faktor apa saja yang mempengaruhi. Dampaknya serta bagaimana prosesnya.

“Pengenalan K3 kepada siswa SMK diberikan agar lulusan SMK bisa lebih memahami arti pentingnya K3 dalam kerja, dan dapat diterapkan di lingkungan kerja, sekolah dan rumah,” ujarnya.

Dia menjelaskan, selain pengenalan K3, Safety goes to school ini juga memberikan edukasi mengenai berbagai kinerja PLN bagaimana proses dan alur produksi listrik dari hulu hingga hilir atau pelanggan.

“Pengenalan sejak dini perlu agar memberikan pemahaman mengenai listrik. Jadi, salah satu tujuannya, agar sejak dini sudah memahami. Jadi, seperti bagaimana alur produksinya,” jelasnya. (m41)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here