Bawaslu Sibolga Rekrut Ratusan Pengawas TPS

1

SIBOLGA (Waspada): Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sibolga akan merekrut 244 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) pemilihan umum 2019.

Ketua Bawaslu Sibolga, Zulkifli Sigalingging (foto) mengatakan pendaftaran PTPS ini akan dibuka 11 hingga 21 Februari 2019. Sedangkan prosesnya meliputi masa pendaftaran, seleksi berkas hingga wawancara.

“Bagi masyarakat Sibolga yang berminat menjadi pengawas TPS silahkan mendaftarkan diri dengan mendatangi kantor Panwaslu di wilayah masing-masing,” kata Zulkifli kepada waspada, Jumat (8/2) di ruang kerjanya.

Disebutkan Zulkifli, persyaratan yang ditetapkan oleh Bawaslu untuk PTPS ini adalah berumur minimal 25 tahun pada saat mendaftar, berpendidikan paling rendah SMA sederajat, memiliki pengetahuan tentang kepemiluan, sehat jasmani dan rohani serta bebas dari penyalahgunaan narkoba.

“Selain itu calon PTPS diutamakan berasal dari Kelurahan/Desa setempat, tidak terlibat dalam kepengurusan Partai Politik (Parpol), tidak pernah terpidana penjara selama 5 tahun dan calon PTPS bersedia bekerja penuh waktu serta harus memiliki intregritas, jujur dan adil,” jelasnya.

Menurut Zulkifli, rekrut PTPS perlu dilakukan mengingat PTPS juga berperan penting dalam mewujudkan Pemilu yang benar-benar jujur dan adil serta hasilnya dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan kepada para pemilih.

“Setelah 244 orang ini terpilih, maka selanjutnya akan dilakukan prosesi pelantikan. Selain itu mereka juga akan diberi pembekalan materi seputar kepemiluan agar pengawas TPS benar-benar paham terhadap tugas dan kewajiban yang akan dilakukan pada hari H pemungutan suara nanti,” ujarnya. (cris)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here