Kargo Naik 300 Persen, UMKM Lesu

0

MEDAN (Waspada): Ketua Fraksi PAN DPRD Sumut Aripay Tambunan mengungkapkan, produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang selama ini dari Pulau Sumatera, khususnya Sumatera Utara mengalami kelesuan. Penyebab utamanya adalah biaya transportasi udara (kargo) begitu mahal, naik sampai 300 persen.

“Omset turun drastis yang mengakibatkan akan berdampak terhadap perekonomian dan menambah pengangguran. Biasanya omset penjualan selama ini khususnya produk UMKM sudah membantu perekonomian sekarang begitu terasa bagi pelaku UMKM,” kata Aripay kepada wartawan, Jumat (8/2).

Dia menilai, lesunya UMKM dikarenakan biaya transportasi udara (kargo) begitu mahal. Garuda sebagai penyedia kargo perusahaan plat merah sudah menaikkan. “Bayangkan Garuda sebagai perusahaan negara yang harusnya tidak perlu melakukan itu karena BUMN juga dituntut untuk berperan dalam menstabilkan kondisi ekonomi,” jelas anggota Komisi D DPRD Sumut ini.

Apalagi, lanjutnya, sekarang produk yang diperjualbelikan UMKM biasanya menggunakan online shop. Online shop hampir semua memanfaatkan kargo udara. Jadi dampak online shop juga secara langsung terkena imbas

“Biasanya belanja online ini adalah bisnis kecil-kkecil rumahan. Terutama pelakunya adalah ibu rumah tangga, untuk menopang kehidupan keluarga,” ujarnya.

Disebutkannya, Komisi D yang salah satu membidangi perhubungan sudah menjadwal Senin (11/2) akan melakukan rapat dengar pendapat (RDP) dengan pihak manajemen Garuda terkait hal yanf terjadi saat ini.

“Selain DPRD komisi D kita juga berharap kiranya DPR RI komisi VI yang konterpat BUMN juga harus meminta penjelasan tentang ini,” katanya lagi.

Demikian juga Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), tambahnya, dapat juga melakukan penyelidikan tentang ini. “Ada apa sebenarnya? Kenapa hal ini terjadi? Kalau selama ini UMKM yang sudah dapat hidup dengan produk-produk lokal yang dipasarkan keluar Pulau Sumatera atau juga sebaliknya produk luar yang dilasarkan di Sumatera khususnya di Sumut akan mengalami goncangan yang luar biasa,” tambahnya. (h02)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here