Penegak Hukum Hadir Untuk Menyelesaikan Masalah Hukum

1
BUPATI Palas H Ali Sutan Harahap, Kajati Sumut Fachruddin SH MH dan Wabup Palas di dampingi Kajari Palas Ikeu Bahtiar SH MH foto bersama usai penyematan ulos kepada kejati dalam acara temu ramah di Pendopo Rumah Dinas Bupati Palas. Waspada/Syarif Ali Usman
BUPATI Palas H Ali Sutan Harahap, Kajati Sumut Fachruddin SH MH dan Wabup Palas di dampingi Kajari Palas Ikeu Bahtiar SH MH foto bersama usai penyematan ulos kepada kejati dalam acara temu ramah di Pendopo Rumah Dinas Bupati Palas. Waspada/Syarif Ali Usman

SIBUHUAN (Waspada): Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumatra Utara Fahruddin SH MH mengatakan, kehadiran penegak hukum di daerah bukan untuk menghukum tapi untuk menyelesaikan masalah hukum.

Hal itu disampaikan Kajati dalam sambutannya pada kunjungan kerja ke Kab. Padanglawas (Palas) saat acara ramah tamah dengan Pemkab dan masyarakat Palas di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Jumat (8/2).

Katanya, dia selalu menyampaikan kepada instansi vertikal bahwa, kehadiran penegak hukum untuk membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan penggunaan APBD dan bukan untuk membantu kepala daerah yang seenaknya mengerjakan yang tidak sesuai dengan kepentingan daerah.

“Pemerintah pusat menempatkan penegak hukum di daerah adalah untuk bersinergi dengan pemerintah daerah,” ujar Fahruddin.

Bupati Palas H Ali Sutan Harahap (TSO) dalam sambutannya pada acara tersebut mengatakan atas nama Pemkab Palas, bupati berharap dengan pertemuan kejati dengan Pemkab Palas bisa memotivasi dan memberi semangat kerja kepada pegawai di lingkungan pemkab, untuk lebih profesional guna memberikan hasil pembangunan kepada masyarakat.

Dikatakannya, Keberadaan Kejaksaan Negeri Padanglawas sebagai salah satu unsur penegak hukum, telah banyak memberikan kontribusi terhadap pemda dan masyarakat. Hal itu dapat dilihat dari kiprah dan peran kejaksaan negeri Padanglawas dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap penegakan hukum.

Hal tersebut sejalan dengan telah dibentuknya pengadillan negeri dan pengadilan agama di Sibuhuan beberapa waktu lalu, dan hal itu merupakan komitmen Pemkab Palas dalam upaya mewujudkan dan menciptakan kesejahteraan masyarakat Palas serta mendukung program yang dilaksanakan Kejari Palas.

Kata TSO, dukungan dan bentuk sinergi antara Pemkab dan Kejari Palas antara lain, kerjasama pendampingan perdata dan tata usaha negara, pengawalan beberapa proyek strategis oleh tim Pengawal, Pengaman Pemerintah dan Pembangunan daerah (TP4D) Kejari Palas. Kemudian, dukungan dan fasilitasi pembangunan infrastruktur perkantoran Kejari Palas dan kegiatan penyuluhan hukum dan kegiatan Jaksa masuk sekolah.

Hadir dalam acara temu ramah itu, Kajari Palas Ikeu Bahtiar SH MH dan jajarannya, Wabup H Ahmad Zarnawi Pasaribu, Sekda Arpan Nasution, Pabung Polres Persiapan Palas, Pabung Kodim 0212/TS Palas, pimpinan SKPD dan Camat, Ketua MUI Palas H Ismail Nasution dan seluruh Ketua MUI Kecamatan, Alim Ulama, tokoh masyarakat serta puluhan warga lainnya. (a34)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here