Peduli Sampah Sungai Deli

1
KOMUNITAS Gerakan Pemuda-Pemudi Kota Medan membuat lukisan di pinggiran Sungai Deli sebagai percontohan lingkungan yang bersih dan bebas sampah, usai melakukan kegiatan pembersihan sampah. Waspada/Ist
KOMUNITAS Gerakan Pemuda-Pemudi Kota Medan membuat lukisan di pinggiran Sungai Deli sebagai percontohan lingkungan yang bersih dan bebas sampah, usai melakukan kegiatan pembersihan sampah. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Sungai Deli mempunyai kisah sejarah bernilai tinggi. Sungai tersebut dulunya menjadi sumber kehidupan yang airnya jernih. Namun, seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, sungai itu mulai tidak layak digunakan lantaran airnya coklat dan kotor akibat banyaknya sampah.

Hal itu diungkapkan Humas Komunitas Gerakan Pemuda-Pemudi Kota Medan Agung Rizky Prayogi, di Medan, kemarin. Menurut dia, sebagai pemuda Kota Medan, dirinya terpanggil untuk mengembalikan citra kota tercinta ini.

“Pada Sabtu (2/2) lalu, Komunitas Gerakan Pemuda-Pemudi Kota Medan, melakukan aksi sederhana membersihkan sampah dari Daerah Aliran Sungai (DAS) Deli, untuk mewarnai kampung di bantaran Sungai Deli. Kegiatan ini bukan sebagai kegiatan yang ceremonial semata,” tutur Agung.

Lewat aksi ini, kata dia, bertujuan mengajak seluruh masyarakat pinggiran sungai tidak lagi membuang sampah ke sungai.

“Kita mewujudkan kampung ini sebagai percontohan lingkungan yang bersih dan bebas sampah.Untuk mencapai itu semua tidaklah mudah, semua butuh proses. Terpenting, yang memiliki peran dan fungsi pada sampah ikut terlibat mulai dari pemerintah, masyarakat hingga komunitas. Kebersamaan peduli terhadap sampah ini harus terus konsisten dilakukan. Gerakan ini adalah murni bentuk kepedulian kita sebagai pemuda-pemudi kota Medan, tanpa ada kepentingan politik,” katanya.

Agung berharap, kampung ini dapat menginspirasi warga di kampung bantaran sungai lainnya untuk mengubah kesan kumuh. “Sungai Deli punya sejarah, Sungai Deli bukan tong sampah!!!,” sebutnya. (cwan)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here