200 Napi Perempuan Masuk DPT Pemilu 2019

0

MEDAN (Waspada) : Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan sudah mendata Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas II A Perempuan Medan untuk persiapan Pemilu 2019.

Dari sekitar 500 an penghuni Lapas perempuan, 200 diantaranya sudah selesai perekaman e-KTP, dan akan masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT). “Sudah sekitar 200 an sudah punya e-KTP, yang akan ikut Pemilu 2019, itu kemarin mereka langsung direkam di sini dan sudah di data,” kata Kalapas Kelas II A Perempuan, Surta Duma Sihombing, kepada wartawan, Minggu (10/2)

Menurut Surta, warga binaan yang didata dan melakukan perekaman e-KTP baru sebatas warga yang berdomisili di Kota Medan saja. Sedangkan untuk domisili wilayah lain, akan segera menyusul.

“Belum semua, masih Medan saja. Nanti akan ada lagi untuk lainnya seperti yang dari Deliserdang. Jadi kalau di total-total jumlah keseluruhan yang akan menggunakan hak suaranya dari lapas perempuan ini berkisar 300 an orang,” imbuhnya.

Dikatakannya, pihaknya terus berkoordinasi, baik dengan KPU maupun Disdukcapil untuk mempercepat proses pendataan para warga binaan. Apalagi, pada Pemilu 2019 ini, jumlah pemilih semakin bertambah.  “Ada peningkatanlah, dibanding pada Pilgubsu 2018 yang lalu. Kalau di Pilgubsu warga binaan kita hanya 100 orang saja yang ikut memilih,” terangnya.

Surta menambahkan, pihaknya bersama KPU juga sudah mensosialisasikan tentang tata cara Pemilu 2019 bagi warga binaan di lapas perempuan. Rencananya, TPS akan ditempatkan di gedung aula lapas.

“Sedang kita sosialisasikan, karena ini kan beda dengan sebelum-sebelumnya, kertas suaranya ada untuk Pilpres, DPD, DPR, DPRD. Mungkin nanti kita ada dua TPS, kalau dulu hanyasatu saja,” katanya.

Sebelumnya, Disdukcapil sudah menjemput bola untuk melakukan perekaman e-KTP baik di Lapas dan Rutan. Disdukcapil Sumut melakukan perekaman  di seluruh Lapas dan Rutan di Sumut pada 17-19 Januari 2019 lalu.  Sedangkan di Medan, perekaman e-KTP diantaranya dilakukan di Lapas Kelas I Medan, Lapas Kelas II A Perempuan,  Lapas Khusus Anak Medan. (Cra )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here