Pusbangfilm Gelar Nobar Film Indonesia Bermutu

0

JAKARTA (Waspada): Film masih dinilai efektif sebagai salah satu alat pendidikan bagi generasi muda, khususnya pendidikan karakter. Menyadari hal itu, Pusat Pengembangan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menggelar nonton bareng (nobar) di berbagai wilayah di Tanah Air.

“Khusus untuk menyambut kegiatan rembuk nasional 2019 pada 11 sampai 14 Februari ini,   digelar nonton bareng di 14 titik, termasuk di lokasi Rembuknas yang ada di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemdikbud, Sawangan,” kata Kepala Bidang Apresiasi Tenaga Perfilman dan Arsip Film Kemdikbud, M Sanggupri, dalam acara nobar film Iqro di Kelurahan Pondok Petir, Sawangan, Depok, Sabtu (9/2). Hadir dalam acara tersebut Lurah Pondok Petir Anwar Nasihin dan sejumlah tokoh masyarakat sekitar.

Nobar film-film Indonesia bermutu telah dilakukan Pusbangfilm sejak 3 tahun belakangan. Film bermutu adalah film yang memiliki nilai pendidikan, sejarah dan budaya. Setiap tahun ada sedikitnya 90 kecamatan yang menggelar nobar. Tujuannya selain memperkenalkan film-film Indonesia bermutu, juga menularkan perilaku dan karakter terpuji yang terkandung dalam film kepada pelajar.

Selain itu, nobar juga dimaksudkan sebagai upaya menyiasati minimnya akses masyarakat pada hiburan film dan minimnya bioskop. Saat ini ada 1.600 layar bioskop di seluruh Indonesia, tapi tidak menjangkau daerah terpencil.

Untuk kepentingan itu, pihaknya, lanjut Sanggupri membeli hak paten 18 film untuk disiarkan selama 3 tahun berturut-turut ke seluruh Indonesia. Sebanyak 167 bioskop keliling dalam bentuk mobil yang dilengkapi peralatan putar film. Setiap saat mobil bioskop keliling itu menjadwalkan nobar di sekolah dan kecamatan.

“Sampai akhir 2018 kemarin sudah hampir 300 kecamatan yang bekerja sama dengan satuan kerja Kemdikbud di daerah untuk menggelar nobar film Indonesia bermutu. Kalau sekolah jumlahnya lebih banyak lagi,” kata Sanggupri.

Dalam kegiatan nobar di Kelurahan Pondok Petir, puluhan anak-anak usia sekolah terlihat antusias menyaksikan film berjudul Iqro. Film yang dibintangi Cok Simbara ini mengangkat tema tentang pentingnya membaca untuk memuaskan rasa ingin tahu di kalangan pelajar. (dianw/C).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here