Solari Sanjung Ajax

1
The National

AMSTERDAM (Waspada): Entrenador Santiago Solari (foto tengah), menyanjung Ajax Amsterdam yang menjadi lawan juara bertahan Real Madrid pada babak 16 besar Liga Champions 2018/2019.

“Ajax sangat popular karena kerja mereka membina akademi pemain muda. Juga komitmen mereka terhadap pemain muda berbakat dan gaya menyerangnya,” sanjung Solari.

“Mereka punya tim yang sudah terbukti kompetitif musim lalu dan masih bisa bersaing tahun ini,” pujinya lagi, seperti dikutip dari situs resmi UEFA, Selasa (12/2).

Ajax merupakan rintangan pertama Madrid dalam upayanya merebut trofi Si Kuping Besar untuk musim keempat beruntun. Skuad Solari akan melangkahkan kaki ke Johan Cruyff Arena, Kamis (13/2) dinihari mulai pkl 0300 WIB dengan bekal empat kemenangan dari lima laga terakhirnya.

Dua laga terkini El Real bahkan sangat impresif, karena berhasil menahan tuan rumah Barcelona 1-1 di leg1 semifinal Copa del Rey dan menang 3-1 di markas Atletico Madrid pada jornada 23 La Liga.

Los Blancos pun praktis tidak memiliki kendala berarti terkait kebugaran pemain. Hanya gelandang pelapis Isco Alarcon dan Marcos Llorente saja yang tidak bisa diturunkan Solari di Amsterdam.

Di kubu Ajax, Frenkie De Jong berpeluang tampil sejak menit pertama, setelah pulih dari cedera dan bermain 70 menit saat melawan Heracles akhir pekan lalu di Eredivisie Belanda.

De Jong bakal berkolaborasi di garis serang dengan striker Dusan Tadic yang telah mengoleksi lima gol di Liga Champions. Tetapi tim tuan rumah rawan tanpa bek tengah Lisandro Magallan yang sedang menderita cedera ringan.

Penampilan De Amsterdamers juga sangat fluktuatif. Kendati hanya kalah tiga kali di liga sepanjang 2018, tahun ini Ajax sudah tersungkur dua kali. Tim asuhan Erik ten Haag itu dihancurkan Feyenoord Rotterdam dengan skor telak 2-6 dan kalah 0-1 dari Heracles.

Liga Champions sebaliknya bergulir lagi di waktu tepat bagi Madrid yang baru bangkit dengan mencatat sederet hasil apik di arena domestik. Bahkan ketika menekuk Atletico, gelandang Luka Modric dan penyerang Karim Benzema tampil dengan performa terbaik mereka.

Solari malah kian puas, sebab winger Gareth Bale dapat kembali menyatu dalam permainan pasca pulih dari cedera akut. Bale sudah melakoni empat laga sejak pulih dari cedera betis dan semuanya berakhir dengan kemenangan.

“Semua perhatian selalu tertuju kepada Gareth. Namun saya dapat melihat dia tetap fokus, terhubung dan menyatu dengan baik,” jelasnya.

“Saya ingin dia melakukan sesuatu yang dia tahu bisa melakukannya. Dia pemain penting bagi kami dan saya pikir dia tahu harus melakukannya dengan baik,” papar pelatih asal Argentina tersebut.

El Merengues pun kembali ke jalur juara La Liga dengan menduduki peringkat dua nilai 45, minus enam angka di bawah pemimpin klasemen El Barca.

“Kami berhasil mencapai target dan kami sangat termotivasi di liga. Kami ingin melanjutkan perjuangan dan kami siap bertarung menyulitkan Barcelona,” klaim kapten Sergio Ramos.

“Real Madrid klub juara dan kami berada di sini untuk membantu klub memperpanjang sejarahnya meraih lebih banyak trofi. Kami berjuang setiap hari untuk itu,” tegas Thibaut Courtois, kiper utama Real asal Belgia. (m15/uefa/fe)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here