Layanan Kesehatan Gratis Bagi Masyarakat

1
PETUGAS medis memeriksa kesehatan warga Cot Rabo Tunong, Selasa (1/2) pagi. Waspada/Abdul Mukthi Hasan
PETUGAS medis memeriksa kesehatan warga Cot Rabo Tunong, Selasa (1/2) pagi. Waspada/Abdul Mukthi Hasan

BIREUEN (Waspada): Warga Gampong Cot Rabo Tunong, Kec. Peusangan, Bireuen mendapat pelayanan kesehatan gratis di halaman Meunasah, Selasa (19/2). Kegiatan diprakarsai Keuchik dan komite kesehatan gampong, bekerjasama dengan UPTD Puskesmas Cot Iju Peusangan dan Unit Tranfusi Darah RSUD dr Fauziah Bireuen.

“Kami gelar pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis bagi masyarakat setiap tanggal 19, dan ini bulan kedua. Kali ini juga ada donor darah,” ujar Keuchik Cot Rabo Tunong Darmawan kepada Waspada.

Tujuannya, kata Darmawan, untuk mendeteksi kesehatan masyarakat mulai dari bayi di bawah lima tahun (balita) sampai lanjut usia, secara rutin dibiayai dana swadaya. “Ini program inovasi kami dan menjadi prioritas untuk diusul dalam program dana desa,” ujar Darmawan menambahkan, untuk jumlah penduduk ada 185 Kepala Keluarga (KK) setara 860 jiwa.

Komite Kesehatan Gampong dibentuk atas inisiatif dari 13 petugas kesehatan warga Cot Rabo Tunong, bertugas di rumah sakit dan sejumlah Puskesmas di Bireuen. “Wadah ini bertujuan agar petugas kesehatan berpartisipasi melayani kesehatan, sekaligus bisa berinteraksi dengan masyarakat desanya,” terang Keuchik.

Penanggungjawab UTD RSUD dr Fauziah Bireuen Wardati, SKM, berterimakasih atas sumbangan 40 kantong darah yang telah membantu menambah persediaan darah. “Kami mendukung kerjasama donor darah ini, karena sudah pernah digelar warga Bale Setuy dan Mata Mamplam, harapan kami dapat berlanjut bersama masyarakat desa lainnya,” harap Wardati. (cb02)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here