Lulusan Universitas Terbuka Medan Ikuti Seminar

1
PESERTA kegiatan seminar terlihat serius saat kegiatan berlangsung. Waspada/Ist
PESERTA kegiatan seminar terlihat serius saat kegiatan berlangsung. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Sebanyak 503 lulusan Universitas Terbuka dari 30 Kabupaten/Kota dengan berbagai program studi, S1 Akuntansi, Manajemen, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Komunikasi, Ilmu Hukum, S1 PGSD, S1 PGPAUD, yang akan mengikuti Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) hari ini, Sabtu (23/2) mengikuti kegiatan seminar akademik, Jumat (22/2) di Gedung Jabal Nor Asrama Haji Medan. Kegiatan seminar menghadirkan narasumbernya Dr Sugiharto, M.Si dan Drs Sriadhi, ST, M.Pd, M.Kom, Ph.D Dosen Universitas Negeri Medan.

Kepala UPBJ Universitas Terbuka (UT) Medan, Dra, Sondang Purnamasari Pakpahan, MA, berharap para guru SD PAUD lulusan UT jangan pernah berhenti belajar, tingkatkan keterampilan dalam proses pembelajaran dan kemampuan literasi digitalnya.

Dia juga menyebutkan,tujuan diselenggarakan seminar untuk memberi bekal kepada para lulusan UT yg umumnya guru SD dan PAUD untuk mempersiapkan diri menghadapi era revolusi industri 4.0 dengan cara memanfaatkan teknologi dengan bijak dalam proses pembelajaran.

Narasumber Drs Sriadhi, ST, MPd, Ph.D menyampaikan bahwa paradigma pembelajaran sudah berubah. Dulu, siswa sebagai objek, siswa pasif represif hanya menerima materi yang disampaikan guru dan guru mengajar sesuai kemauannya. Kini di era revolusi industri 4.0. Siswa sebagai subjek, guru harus menkondisikan siswa belajar proaktif dan kreatif, dengan metode yang disesuaikan dengan tujuan, content, dan karakteristik siswa serta memanfaatkan  teknologi informasi dengan bijak.

Guru SD sebagai guru kelas menurut Sriadhi harus mampu membelajarkan masing-masing  bidang studi IPA, Matematika, Bahasa Indonesia dan lainnya,dengan metode yang tepat dan  sesuai dengan tujuan. Sedangkan pembicara Dr Sugiharto, M.Si menyampaikan materi tentang  pendidikan IPS di era revolusi industri 4.0.(m37)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here