Tango Musik Gelar Seminar Mixer Digital DM-24.8

1
TEDJA Prasetya dan David Klein saat memberi pengarahan kepada para operator sound sekalian memperkenalkan mixer digital DM24.8 Topp Pro di Karibia Hotel Medan Rabu (6/3).
TEDJA Prasetya dan David Klein saat memberi pengarahan kepada para operator sound sekalian memperkenalkan mixer digital DM24.8 Topp Pro di Karibia Hotel Medan Rabu (6/3).

TANGO Musik menggelar acara seminar sekaligus launching produk Topp Pro Mixer digital DM-24.8 di Karibia Hotel Medan Rabu (6/3) menampilkan pembicara David Klein dari lembaga pendidikan David Klein serta Tedja Prasetya- Topp Pro Product Specialist. Seminar mendapat perhatian serius kalangan operator sound di Medan membedah kecanggihan DM24.8 serta DM32.8 dengan segala fasilitas dimilikinya.

Misalnya di DM24.8 sudah dilengkapi 24 XLR Mic/Line Input, 8 XLR Aux Outputs, 2 internal multi-effects engines, stereo main out & solo bus out,13*100mm precision motorized faders, oled channel strip,7″ color LCD touch screen, 12 DCA Group, automix mode,24-bit/48 kHz sampling rate, free iOS iPad App for wireless control, digital bay for optional dante & usb multichannel options serta password protection/lock.

Produk Topp Pro ini aslinya dari Italia yang kemudian dibeli perusahaan Taiwan diproduksi di China konsen dibidang audio menampilkan fitur yang banyak serta harga yang murah dengan kualitas suara bagus serta istimewanya dilengkapi peralatan yang canggih, kata Robin selaku pimpinan Tango Musik.

Menurutnya, mixer generasi sekarang ini yaitu digital dimana fitur-fitur itu semua yang dulunya mesti beli begitu banyak macam item, sekarang beli satu digital mixer semua sudah ada di dalamnya.

Sementara Tedja Prasetya menambahkan, sekarang ini banyak orang takut dengan istilah digital. Padahal digital itu memudahkan mereka (operator sound) serta lebih praktis dalam penggunaannya.

Dia mencontohkan, mixer DM 24.8 ini punya sembilan equalizer. Nah kalau kita menggunakan mixer analog harus membawa sangat banyak peralatan perlengkapan lainnya. Produk ini juga sudah dilengkapi RTV, kemudian DSP nya sudah ada efeknya. “Dengan satu perangkat, kita sudah punya semuanya termasuk kompresor serta efek.

Produk ini juga mempunyai keunggulan bisa menyimpan. Maksudnya bila hari ini kita main di suatu tempat konser, settingannya bisa simpan dan di suatu saat kalau kita kembali lagi ke tempat itu kita tidak perlu lagi melakukan Settingan ulang hanya tinggal loading. “Jadi memang teknologi ini memudahkan serta lebih praktis”, ujarnya.

Dijelaskannya, memang biasanya pertama diperkenalkan produk ini pasti ada kendalanya terutama soal penguasaan teknologinya. Tetapi Topp Pro bersama Tango Musik membuka kesempatan buat siapa saja yang ingin mencoba silakan datang ke Tango Musik atau online.

Selain itu, Topp Pro juga membuka channel di YouTube isinya tutorial untuk digital mixer kita buat dalam bentuk video. “Era digital nggak mungkin dihindari lagi. Contohnya dulu kita telepon pakai Kabel, sekarang sudah handphone. Dulu mesin ketik, sekarang sudah ada laptop sampai iPad”, jelasnya. Tedja juga menyarankan agar para operator atau soundman harus meng-upgrade serta membuka dirinya menerima kemajuan teknologi yang tidak bisa dihindari lagi.

Diakuinya, mungkin para operator sound, selama ini sudah terbiasa atau merasa nyaman dengan sistem analog, juga bisa saja terkadang ada yang segan atau malas untuk belajar sesuatu yang baru.

Padahal katanya, cara kerja alat ini secara keseluruhan hampir mirip dengan sistem analog. Dan mereka harus mengikuti era kemajuan yang gak mungkin bisa ditolak lagi karena penggunaannya lebih praktis. (m19)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here