Ashari Tambunan: Tujuan Beragama Pembentukan Akhlak

0
BUPATI Deliserdang H Ashari Tambunan, Wakil Bupati Deliserdang terpilih HM Ali Yusuf Siregar, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto bersama KH Ahmad Muwafiq usai menghadiri pengajian akbar di Lapangan Bola Sei Semayang Kec. Sunggal, Selasa (12/3). Waspada/Khairul K Siregar
BUPATI Deliserdang H Ashari Tambunan, Wakil Bupati Deliserdang terpilih HM Ali Yusuf Siregar, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto bersama KH Ahmad Muwafiq usai menghadiri pengajian akbar di Lapangan Bola Sei Semayang Kec. Sunggal, Selasa (12/3). Waspada/Khairul K Siregar

SUNGGAL (Waspada): Ribuan Ummat Muslim dari 22 kecamatan memadati Lapangan Bola Sei Semayang Kecamatan Sunggal untuk mengikuti pengajian akbar, Selasa (12/3). Selain dihadiri ribuan umat Islam yang didominasi kaum ibu, acara itu juga turut dihadiri Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan, Wakil Bupati Deliserdang terpilih HM Ali Yusuf Siregar, Ketua TP PKK Hj Yunita Br Siregar, Asisten 1 Setdakab Dedy Maswardy, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto, pimpinan OPD, tokoh masyarakat dengan menghadirkan penceramah KH Ahmad Muwafiq.

Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan dalam sambutannya merasa bersyukur bisa berada di lokasi untuk mendengarkan ceramah sembari menambah pengetahuan tentang ajaran Islam yang sesungguhnya.

Dikatakannya, visi misi Kabupaten Deliserdang adalah mewujudkan Deliserdang yang masyarakatnya maju, berdaya saing, religius dan bersatu dalam kebhinekaan yang kemudian visi ini menjadi perda serta disepakati bersama bagi kemajuan Deliserdang.

Menurutnya, kegiatan seperti pengajian akbar yang diselenggarakan ini adalah merupakan bagian dari upaya kita untuk meningkatkan religius masyarakat Deliserdang sehingga menjadi penting untuk dilaksanakan guna menambah ilmu pengetahuan agama Islam sebagaimana yang diajarkan para ulama serta meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Untuk menyampaikan ajaran agama itu haruslah orang-orang yang memiliki dasar keagamaan yang kuat dan benar karena pada dasarnya tujuan akhir dari beragama itu adalah pembentukan akhlak dalam konteks hablum minallah (hubungan kepada Allah) dan hablum minan nas (hubungan kepada manusia) sebagaimana yang diajarkan Rasulullah SAW dan alim ulama terdahulu,” sebut Bupati.

Ketua panitia pengajian akbar, Warsini Damah dalam sambutannya mengatakan, bahwa tujuan dari kegiatan ini selain meningkatkan semangat ukhuwah Islamiyah, sekaligus meningkatkan tali silaturahmi antara kelompok pengajian sejalan dengan visi misi Kabupaten Deliserdang.

“Melalui pengajian akbar ini kita bisa bersatu dalam bingkai kebhinekaan, bersatu dalam perbedaan sebagai kekayaan bangsa ini serta bersatu dalam ukhuwah Islamiyah,” kata Warsini Damah.

Sementara itu, KH Ahmad Muwafiq dalam tausyiahnya antara lain menekankan tentang pentingnya menjaga sekaligus membangun semangat persatuan dan kesatuan karena pada dasarnya manusia itu adalah bersaudara. (crul/a06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here