Liverpool Siap Ladeni Siapapun

0
WINGER Sadio Mane (kanan) dan bek Virgil van Dijk (2 kanan), bintang kemenangan Liverpool di markas Bayern Munich.(Evening Standard)

MUNICH, Jerman (Waspada): Manajer Juergen Klopp mengklaim, Liverpool siap meladeni siapapun pada babak perempatfinal Liga Champions yang pengundiannya dilangsungkan di Nyon, Swiss, Sabtu (16/3) sore.

Liverpool memastikan lolos dengan agregat 3-1, Rabu (Kamis WIB), setelah menggasak tuan rumah Bayern Munich 3-1 pada laga leg2 babak 16 besar di Allianz Arena.

“Siapa pun yang kami dapat sebagai lawan, kami siap meladeninya. Para pemain menyukai kompetisi ini,” klaim Klopp, seperti dilansir Reuters, Kamis (14/3).

“Mereka sungguh memberikan yang terbaik pada momen-momen krusial. Sikap mereka luar biasa,” puji pelatih asal Jerman tersebut.

Si Merah memimpin lebih dulu berkat gol winger Sadio Mane menit 26.

Skor sempat seri setelah bek sentral Joel Matip mencetak gol bunuh diri menit 39.
Tiket kemenangan The Reds dipastikan melalui dua gol pada babak kedua. Pertama lewat gol tandukan bek Virgil van Dijk menit 69 disusul gol kedua Mane menit 84.

“Tiga penyerang kami luar biasa. Para pemain yang datang dari bangku cadangan juga banyak membantu,” kata Klopp.

Dia pun menyanjung habis gol pertama Mane ke gawang Die Bavarians. Gol diawali visi Van Dijk yang melepaskan umpan jauh untuk diterima bintang asal Senegal itu di tepian kotak penalti tuan rumah Munich.

Mane masih mendapatkan pengawalan dari bek tengah Niklas Sule, namun kiper Manuel Neuer mengambil keputusan ceroboh meninggalkan sarangnya sebagai upaya menggagalkan peluang lawan.

Kesempatan itu dimanfaatkan Mane dengan melakukan satu gerakan tipuan. Mantan penyerang Southampton itu memutar badan, lantas melepaskan tendangan ke area tiang jauh gawang yang sudah tak bertuan.

“Saya harus menonton lagi gol pertamanya, mungkin sampai 500 kali. Sungguh luar biasa apa yang dilakukan Mane,” sanjung Klopp.

Sedangkan kapten James Milner memuji Van Dijk sekaligus mengharapkan bek jangkung asal Belanda itu lebih subur lagi mencetak gol bagi Marseyside Merah.

“Van Dijk mencetak gol lagi. Sejujurnya dia seharusnya mencetak lebih banyak gol kalau melihat tinggi badannya,” tutur Milner.

“Bisa lolos perempatfinal merupakan sesuatu yang penting dan rasanya luar biasa bisa mencetak gol,” timpal Van Dijk yang telah mencetak lima gol bagi Liverpool dalam 59 penampilan di semua kompetisi musim ini.

Merah lolos menyusuli trio Inggris lainnya, yakni Tottenham Hotspur, Manchester United dan Manchester City. Keempatnya bergabung dengan wakil Belanda Ajax Amsterdam, FC Porto (Portugal), Juventus (Italia) serta Barcelona (Spanyol).

Pada 2007/2008, Inggris juga meloloskan empat tim ke babak delapan besar melalui sukses Arsenal, Chelsea, Liverpool dan Manchester United. Musim itu Setan Merah MU meraih gelar ketiganya di Piala/Liga Champions.

Komposisi yang sama juga terjadi semusim berikutnya. Tetapi United yang melangkah hingga final harus menelan kekalahan 0-2 dari Barcelona.

“Saya ingin menyelamati Juergen Klopp dan Liverpool atas kemenangan yang pantas mereka raih,” kata Niko Kovac, pelatih Bayern asal Kroasia.

“Kami masih memiliki dua gelar untuk diperjuangkan. Kami memimpin klasemen Bundesliga dan masih berada di Piala Jerman. Target kami memenangi keduanya,” tekad Kovac. (m15/uefa/rtr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here