Pemkab Paluta Rapat Koordinasi Pemilu Legislatif Dan Pilpres

1
RAPAT koordinasi persiapan pemilihan umum legislatif dan Pilpres, di aula Serbaguna Kantor Bupati Padang Lawas Utara, Kamis (14/3). Waspada/Pahrurroji
RAPAT koordinasi persiapan pemilihan umum legislatif dan Pilpres, di aula Serbaguna Kantor Bupati Padang Lawas Utara, Kamis (14/3). Waspada/Pahrurroji

GUNUNGTUA (Waspada): Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara menggelar Rapat Koordinasi persiapan pemilihan umum legislatif dan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden di aula Serbaguna Kantor Bupati Padang Lawas Utara, Kamis (14/3).

Rapat Koordinasi dipimpin Bupati Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap SSTP MSi, dihadiri Wakil Bupati H Hariro Harahap SE MSi, Ketua DPRD Muchlis Harahap SHi, Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Irwa Zaini Adib, Komando Kodim 0212/TS Letkol Inf. Akbar Nofrizal, Kejari Rizal Syah nyaman SH, MH diwakili Jaksa Pemilu 2019 Horas Erwin Siregar SH, Ketua KPU Ongku Syah Harahap SE, Ketua Bawaslu Panggabean Hasibuan SH, serta para SKPD, Camat Se Padang Lawas Utara, 386 Kepala Desa dan lainnya.

Bupati Andar Amin Harahap mengatakan, rapat difokuskan membahas dan memantapkan persiapan pemerintah daerah dalam kesiapan Pemilu 2019. Termasuk membangun harmonisasi dan sinergitas dari seluruh stakeholder dan seluruh elemen masyarakat.

Pada rapat koordinasi ini, pemerintah daerah dan masyarakat berkewajiban dan mempunyai porsi yang signifikan untuk mendukung penyelenggaraan yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Saya mengajak seluruh peserta kegiatan untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan Pemilu pada April mendatang. Demi terciptanya kekondusifan dan stabilitas politik di Kab. Padang Lawas Utara,” ujarnya. Bupati berharap serta menekankan agar semua unsur menciptakan terwujudnya Pemilu 2019 berjalan lancar, aman, tenteram dan damai, sehingga tercipta suasana kondusif.

Sementara Ketua KPU Kab. Padang Lawas Utara Ongku Syah Harahap SE mengatakan, Pemilu 2019 dilakukan secara serentak untuk pertama kalinya. Itu berdasarkan amanat Mahkamah Konstitusi. Daftar pemilih di Kab. Padang Lawas Utara hasil pleno 2019 berjumlah 154.761 pemilih yang dibagi ke dalam 790 TPS tersebar di 386 desa dan 2 kelurahan di 12 kecamatan.

Ongku Syah Harahap memaparkan sejumlah hal persiapan pemilu Legislatif dan pemilihan Presiden tahun 2019. “Ada pun progres pelaksanaan tahapan pemilu terus kami sempurnakan,” jelasnya.

Hal serupa disampaikan Kejari Paluta Rizal Syah Nyaman SH MH melalui Jaksa Horas Erwin Siregar SH. Dia mengatakan pada tahun politik 2019 benar-benar harus mencerminkan pesta demokrasi.

Seluruh lapisan masyarakat didorong untuk bergembira melaksanakan kedaulatannya memilih wakil rakyat serta memilih Presiden dan wakil Presiden, agar pesta kegembiraan itu terwujud masyarakat ditantang untuk mewujudkan kondusivitas kehidupan berbangsa dan bernegara. Memang, Pemilu dengan agenda pemilihan Presiden (Pilpres) dan pemilihan anggota legislatif selalu menghadirkan konsekuensi berupa perbedaan pilihan.

Akar budaya masyarakat Indonesia sudah mengajarkan bahwa beda pilihan bukan masalah yang harus diperdebatkan atau dipertentangkan. “Pesannya adalah beda pilihan tidak boleh merusak kondusivitas yang sejatinya selalu menjadi kebutuhan semua orang,” ujar Horas mengakhiri. (Cps)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here