SMP Siti Hajar Sosialisasikan Adiwiyata Pada SD IT Al Hijrah

1
Kepala SMP Siti Hajar Medan Alfira Rosma, SH, S.Pd didampingi kepala SD Al Hijrah Nurhikmahsari, S.Pd berfoto bersama sejumlah guru dan Pembina Adiwiyata Kota Medan usai sosialisasikan Program Adiwiyata di SD Al Hijrah Medan

MEDAN (Waspada): Dalam mempersiapkan sekolahnya menuju Adiwiyata tingkat Mandiri Kepala SMP Siti Hajar Medan beserta beberapa orang guru yang merupakan Tim Adiwiyata bersama Pembina Adiwiyata Kota Medan Susanto Maulana menyambangi SD IT Al Hijrah Medan untuk memberikan sosialisasi tentang sekolah peduli dan berbudaya lingkungan (Adiwiyata).

“Sosialisasi ini merupakan komitmen SMP Siti Hajar yang telah berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Nasional tahun 2018 lalu untuk membina sejumlah sekolah menuju sekolah Adiwiyata tingkat Kota. Ini juga sesuai dengan perintah dan ajaran Islam bahwa menjaga kebersihan adalah sebagian dari iman, “ujar Kepala SMP Siti Hajar Medan Alfira Rosma, SH, S.Pd di Aula SD IT Al Hijrah Jalan Stella Tengah Kecamatan Medan Tuntungan, Selasa (12/3).

Alfira menjelaskan, Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah sebagai upaya pelestarian lingkungan hidup. Warga sekolah, mulai dari guru, pegawai dan siswa sudah berkomitmen untuk menerapkan program berwawasan lingkungan sebagai bentuk keseriusan menuju sekolah adiwiyata.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan rasa cinta terhadap lingkungan kepada siswa. Sehingga, mereka mengerti betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan apa dampak yang akan ditimbulkan dari kerusakan lingkungan. Lingkungan yang bersih, indah dan asri juga akan memberikan kesan yang baik bagi siswa dan guru saat mengikuti proses belajar mengajar yang nyaman,” ungkapnya.

Alfira Rosma didampingi Sekretaris Adiwiyata Ria Puspa Sari Harahap, S.Pd, Bendahara Adiwiyata Eliana Safitri Lubis, S,Pd dan Koordinator Penghijauan dan Penataan Taman Rateman, SS , mengajak para guru agar lebih peduli dan cinta lingkungan sehingga tercipta sekolah yang nyaman, bersih, hijau dan asri.

“Kami berharap sekolah binaan SMP Siti Hajar nantinya memiliki niat dan tujuan yang sama dalam menciptakan dan membudayakan warga sekolah peduli terhadap lingkungan” pungkas Alfira.

Sementara itu, Kepala SD IT Al Hijrah Nurhikmahsari, S.Pd menyambut baik atas kunjungan dan motivasi yang diberikan tim Adiwiyata SMP Siti Hajar Medan. Pihaknya berjanji akan mendukung dan mengikuti program Adiwiyata ini.

Sedangkan Sekretaris Adiwiyata SMP Siti Hajar Medan Ria Puspa Sari Harahap memaparkan 4 komponen menuju sekolah adiwiyata, yakni Kebijakan berwawasan lingkungan meliputi visi misi dan tujuan sekolah, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan pengelolaan sarana prasarana pendukung ramah lingkungan.

Pada kesempatan itu turut diserahkan sejumlah bibit tanaman buah dari Kepala SMP Siti Hajar kepada Kepala SD IT Al Hijrah untuk mendukung penghijauan di SD SD Al Hijrah Medan.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here